Penerimaan untuk menghadapi kondisi the new normal saat pandemi Corona harus dilakukan masyarakat/Canberra Times
Health

Lakukan Lima Hal Ini Untuk Beradaptasi dalam Kondisi New Normal

Dewi Andriani
Sabtu, 16 Mei 2020 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sudah beberapa bulan terakhir ini masyarakat harus mengubah pola hidup dan aktivitas keseharian akibat merebaknya pandemi Corona. 

Setelah melalui masa-masa kebingungan dan kecemasan akibat perubahan tersebut, maka tibalah seseorang pada tahap penerimaan yang artinya harus berdamai dan beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal. Apalagi hingga kini belum diketahui secara pasti kapan pandemi virus corona/ Covid-19 ini berakhir.

Leonardi Goenawan, Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah mengatakan kemampuan adaptasi seseorang membuatnya mampu mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru dan memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis.

Beberapa perubahan yang mulai dilakukan oleh mereka yang telah mencapai tahap ini adalah mulai terbentuk gaya hidup “stay at home” dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, munculnya kembali bahan-bahan tradisional untuk menjaga kesehatan.
Selain itu, mulai aktif mengoptimalisasi virtual (work-from-home, kelahiran generasi Zoom, telemedicine, dan lain-lain), serta timbul kebersamaan dan rasa senasib sepenanggungan. 

“Namun, tidak semua orang memiliki ketangguhan yang sama untuk mencapai tahap penerimaan. Seseorang yang biasanya mudah tertekan, akan merasakan dampak pandemi ini lebih berat,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (15/5/2020).

Untuk menyiasati situasi tertekan agar tidak mengalami stres yang berlarut-larut, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Berikan diri Anda istirahat dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial. Mendengar info pandemi berulang kali bisa membuat hanyut dalam kekhawatiran yang berlebihan

2. Pelihara baik-baik kesehatan tubuh Anda dan berolahraga ringan secara teratur, seperti latihan napas, stretching, yoga, atau meditasi. Makan makanan yang sehat dan berimbang dan berolahraga secara teratur juga tidur dengan waktu yang cukup. Hindari penggunaan alkohol, rokok, dan obat-obatan yang tidak perlu.

3. Berikan diri Anda waktu untuk bersantai. Lakukan beberapa aktivitas lain yang Anda sukai. Berbagai penelitian memperlihatkan hubungan resiprokal (terbalik) antara stres dan aktivitas fisik. Semakin rutin Anda beraktivitas fisik maka semakin rendah tingkat stres yang Anda miliki.

Selain itu, aktivitas fisik dan olahraga terbukti penting dalam manajemen stres yang efektif karena dapat menurunkan kadar hormon-hormon stres seperti adrenalin dan kortisol dalam tubuh.

Pada saat yang sama aktivitas fisik menstimulasi produksi endorfin, yaitu bahan kimia yang diproduksi oleh otak dan berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Endorfin juga dapat menghasilkan perasaan relaks dan optimisme ketika Anda berolahraga rutin.

4. Senantiasa terhubung dengan orang lain. Berbicaralah dengan orang yang Anda percayai tentang perasaan dan kekhawatiran Anda. Dengan bercerita pada orang lain akan meringankan separuh dari beban Anda. 

5. Memahami fakta yang akurat dan benar tentang Covid-19 akan membuat Anda terhindar dari kekhawatiran berlebihan hingga stres. 
Setelah melewati tahap penerimaan dalam menghadapi pandemi, maka Anda mulai terbiasa dengan kondisi the new normal.

Pada tahap ini diharapkan Anda sepenuhnya tidak lagi merasa terganggu, bahkan sudah mulai nyaman dengan semua perubahan yang berhubungan dengan adanya pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro