Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Nonton Streaming Film dan Video Tanpa Buffering

Sayangnya, beberapa masalah atau kendala sering muncul ketika kita tengah menonton streaming film, dan yang paling sering adalah buffering atau tersendat-sendat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  19:06 WIB
Streaming -
Streaming -

Bisnis.com, JAKARTA - Streaming film dan video menjadi meningkat pessat selama lockdown di beberapa negara dan PSBB di Indonesia.

Sayangnya, beberapa masalah atau kendala sering muncul ketika kita tengah menonton streaming film, dan yang paling sering adalah buffering atau tersendat-sendat.

Hal itu tentu sangat mengganggu momen menonton Anda bukan? Nah, sebagai solusinya, berikut tips menonton streaming video anti buffering seperti dikutip dari mashable.com ;.

1. Batasi perangkat yang terhubung internet

Kita cenderung lupa bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, semakin lambat koneksi kita. Sebelum Anda melakukan streaming, masuklah ke koneksi jaringan Anda, nonaktifkan berbagi Internet dan putuskan sambungan perangkat yang tidak Anda gunakan.

Juga, pastikan Anda keluar dari semua aplikasi web yang bersaing untuk bandwidth dengan pemutar media Anda.

2. Hapus cache sementara dan file Internet

Ini membebani perangkat Anda, ketika kita menutup jendela atau keluar dari browser, sistem operasi akan menghapus ribuan file kecil yang diunduh untuk menampilkan halaman web. Namun, jika Anda mematikan komputer tanpa menutup penelusuran dengan benar, Anda menyimpan file yang memberatkan perangkat Anda dan memengaruhi kemampuannya untuk memuat dan memutar video.

Sebelum Anda melakukan streaming, masuklah ke pengaturan browser Anda dan hapus histori terkini dan semua file Internet sementara untuk memastikan Anda bisa menonton dengan nyaman.

3. Ubah saluran perangkat Anda

Jika Anda menggunakan WiFi dan perangkat Anda buffering, coba ubah saluran yang digunakan router Anda. Untuk menghindari perpindahan dari satu saluran ke saluran lainnya, unduh pemindai WiFi seperti Acrylic WiFi yang akan memeriksa saluran yang beroperasi pada frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz dan menunjukkan kepada Anda jumlah jaringan terdekat yang menggunakannya.

Setelah Anda mengidentifikasi saluran yang kurang tersumbat, masuk ke browser Anda dan ketik alamat IP router Anda. Kemudian, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda dan menuju ke pengaturan router Anda di mana Anda akan memilih saluran yang direkomendasikan oleh program analisa Anda.

4. Coba tinggalkan WiFi yang mendukung Ethernet

WiFi saat ini, ada kemungkinan bagus itu bisa memperlambat media Anda, bahkan jika Anda membeli perluasan jaringan dan modem yang lebih cepat. Mengapa? Perangkat yang terhubung secara nirkabel ke router tidak dapat menerima data secepat perangkat yang terhubung melalui kabel Ethernet, yang membantu menjaga kecepatan router. Tanpa kabel Ethernet, router 10 Mb / s hanya dapat memberikan setengah kecepatan itu ke komputer Anda, memaksa pemutar media untuk menurunkan kualitas video Anda.

5. Nonaktifkan akselerasi perangkat keras di pengaturan Anda

Akselerasi perangkat keras umumnya dikaitkan dengan grafik pixelated, stream lambat dan crashing media players, terutama pada pemain web berbasis flash. Dengan mematikan akselerasi perangkat keras, mesin Anda akan memungkinkan aplikasi untuk memilih persyaratan sumber daya perangkat keras daripada menggunakan pengaturan universal komputer.

Untuk mematikan fitur ini, akses panel kontrol mesin Anda dan menuju ke bagian tampilan. Sesampai di sana, nonaktifkan akselerasi perangkat keras, tetapi pastikan untuk mengaktifkannya kembali ketika Anda selesai streaming - ini bisa memengaruhi permainan komputer dan operasi kartu video lainnya jika Anda tidak mengaktifkannya dengan benar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

streaming nonton film
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top