Seorang ibu menyusui bayinya./Istimewa
Health

Hai Orangtua, Ini Manfaat Tidur Bersama Anak

Krizia Putri Kinanti
Rabu, 20 Mei 2020 - 12:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi kebanyakan rumah tangga, tidur bersama merupakan ritual wajib. Sebagian besar keluarga tidak hanya membuat bayi mereka tidur dengan mereka, tetapi juga terus melakukannya selama beberapa tahun.

Kebiasaan ini tidak seperti apa yang diikuti oleh beberapa negara lain, di mana wajib untuk membuat anak Anda tidur secara terpisah, sejak hari pertama.

Kabar baiknya di sini adalah bahwa tidur bersama sebenarnya baik untuk anak di tahun-tahun awal dan meninggalkan dampak jangka panjang pada dirinya. Berikut adalah beberapa manfaat tidur bersama dengan anak Anda dikutip dari India Times, Selasa (19/5/2020):

1. Merasa aman

Ketika anak Anda tidur di sebelah Anda, ia yakin akan keselamatan dan keamanannya. Lingkungan yang damai ini memfasilitasi tidur yang lebih baik dan membuatnya merasa nyaman juga.

Tidur bersama tidak hanya membantu anak-anak tertidur lebih cepat tetapi juga membuat mereka tertidur lebih nyenyak.

2. Tidur yang lebih baik

Perasaan memiliki seseorang yang dekat membantu seorang anak mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari. Ini membantu orang tua memantau anak, kalau-kalau dia bangun di jam tertentu atau menghadapi masalah pada malam hari.

Untuk bayi, tidur bersama membantu menciptakan periode menyusui yang lebih nyaman, karena mereka jauh lebih dekat dengan ibu mereka.

3.Mengurangi risiko SIDS

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Pediatric Respiratory Reviews mengungkapkan bahwa bayi yang tidur dengan orang tua mereka mungkin kurang rentan terhadap sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dibandingkan bayi yang tidur sendirian.

Tingkat SIDS terendah di Hong Kong, di mana tidur bersama sangat umum.

4. Memperkuat ikatan

Tidur dengan orang tua tidak hanya membuat anak-anak merasa aman tetapi juga memperkuat ikatan mereka. Lingkungan tidur yang nyaman memengaruhi anak-anak dengan cara yang lebih sehat, yang tercermin di kemudian hari dalam kehidupan mereka.

Beberapa dokter anak merekomendasikan bahwa anak-anak yang tidur bersama cenderung memiliki lebih banyak kepercayaan diri, lebih sedikit kecemasan dan secara keseluruhan lebih baik disesuaikan daripada anak-anak yang tidur sendirian.

5. Pola pernapasan sehat

Menurut McKenna, profesor antropologi dan direktur Pusat Studi Perilaku Tidur Ibu-Bayi di Universitas Notre Dame, tidur di sebelah orang tua mendorong pola pernapasan bayi yang sehat. Jumlah CO2 yang dikeluarkan seorang ibu dalam nafasnya bertindak sebagai cadangan jika nafas bayi sendiri melambat.

Secara sederhana, area hidung bayi merespons keberadaan CO2 di dekatnya dengan bernapas lebih cepat dan dengan demikian, memastikan pernapasan konstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro