Kylie Jenner tiba di Metropolitan Museum of Art Costume Institute Gala (Met Gala) di Manhattan, New York, AS pada 2016./Reuters-Eduardo Munoz
Entertainment

Didepak dari Daftar Miliarder Forbes, Ini Tanggapan Kylie Jenner

Oktaviano DB Hana
Sabtu, 30 Mei 2020 - 20:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kylie Jenner, figur publik dan salah satu ikon mode asal Amerika Serikat, resmi didepak dari daftar miliarder yang dirilis Majalah Forbes untuk tahun 2019.

Tak hanya itu, keluarga pendiri Kylie Cosmetics itu bahkan dituding telah menggelembungkan nilai bisnis kosmetiknya sehingga mampu masuk ke daftar miliarder majalah terkemuka itu sejak 2016.

Forbes mengatakan bahwa keluarganya telah melakukan 'upaya yang tidak biasa' untuk mendongkrak nilai kekayaan anak bungsu dalam keluarga selebritas Kardhasian tersebut.

Melalui akun Twitter resminya, Kylie Jenner pun angkat bicara. Dia mengklaim bahwa artikal yang dirilis Forbes itu tidak akurat dengan asumsi yang tidak terbukti.

"Saya tidak pernah meminta judul apa pun atau mencoba berbohong di sana," demikian cuitannya, Jumat (29/5/2020) waktu setempat.

Respons wanita berusia 22 tahun itu datang setelah Forbes mendeskripsikannya sebagai 'self-made billionaire'.

"Miliarder buatan sendiri termuda," demikian lapor Forbes, seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (30/5/2020).

Jenner tercatat menghasilkan penjualan jutaan dollar dari Kylie Cosmetics, perusahaan yang didirikannya pada 2015. Dia kemudian menjual 51 persen sahamnya kepada perusahaan kecantikan Coty melalui kesepakatan senilai US$1,2 miliar.

Namun, Chase Peterson-Withorn dan Madeline Berg dari Forbes pada minggu ini melaporkan bahwa Jenner dan ibunya, Kris Jenner, menggelembungkan kekayaan mereka dalam dokumen tentang kekayaan pribadi dan pendapatan perusahaannya yang dipublikasikan.

"Sudah jelas bahwa Kylie telah berbohong," lapor Forbes.

Dilansir BBC, Forbes menyatakan bahwa akuntan keluarga Kardashian telah memberikan laporan pajak penghasilan yang telah direkayasa. Laporan itu mencatat bahwa Kylie Cosmetics membukukan penjualan senilai US$300 juta pada 2016 dan meningkat menjadi US$330 juta 2017.

Namun, dokumen lain yang dirilis Coty, sebagai perusahaan yang sahamnya diperdagangkan secara publik, menunjukkan penjualan Kylie Cosmetic jauh di bawah angka yang diklaim laporan sebelumnya itu.  

Dalam dokumen yang dirilis untuk para investor, Coty mencatat bahwa perusahaan milik aktris dalam The Keeping Up With The Kardashians itu hanya merealisasikan penjualan senilai US$125 juta pada 2018.

"Jika menghasilkan US$125 juta pada 2018, bagaimana Kylie Cosmetics dapat menghasilkan US$307 juta pada 2016 atau US$330 juta pada 2017?" demikian pertanyaan yang diutarakan Forbes dalam artikel itu.

Forbes pun memperkirakan kekayaan bersih Kylie Jenner berada di bawah US$900 juta.

Sebagai informasi, para penulis Forbes sebelumnya juga pernah menuduh calon miliarder lainnya menggelembungkan kekayaan mereka, termasuk kepada Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross dan Presiden Donald Trump.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro