Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membantu Anak Belajar Dari Rumah Lebih Mudah dan Menyenangkan

Termasuk untuk waktu belajar di rumah. Kemendikbud sendiri sudah memutuskan jika kegiatan belajar di rumah diperpanjang karena pandemi yang belum berakhir.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  14:04 WIB
Tips Membantu Anak Belajar Dari Rumah Lebih Mudah dan Menyenangkan
Seorang siwa tengah mengerjakan tugas sekolah dari rumah di Bandung. - Bisnis/Dea Andriyawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- COVID-19 telah memengaruhi hidup kita dalam banyak hal. Itu telah mengubah cara kita berinteraksi dengan orang-orang dan menghabiskan waktu luang kita.

Termasuk untuk waktu belajar di rumah. Kemendikbud sendiri sudah memutuskan jika kegiatan belajar di rumah diperpanjang karena pandemi yang belum berakhir.

Artinya, orangtua masih harus sabar dan mencari cara-cara agar tugas mengajarnya di rumah lebih mudah, dan anak juga lebih mudah menyerapnya. 

Dikutip dari India Times, Selasa (2/6/2020), berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua dan siswa untuk membantu menciptakan lingkungan belajar yang tepat dan memanfaatkan waktu mereka di rumah:

1.Buat kemah di rumah, untuk menciptakan "zona belajar" Anda:

Tinggal seharian di rumah juga bisa berarti banyak gangguan. Jadi agar fokus, persembahkan area khusus di rumah untuk studi. Pastikan area yang ditunjuk ini bebas dari kekacauan, memiliki konektivitas internet yang baik, dan cukup nyaman untuk pembelajaran tanpa gangguan. Dan untuk memberikan sentuhan khusus pada zona studi Anda, hiasi ruang Anda dengan kutipan motivasi untuk dorongan ekstra itu!

2.Terima tantangan, perkuat konsep Anda

Ini adalah waktu pribadi Anda dan Anda perlu membebaskan diri dari keraguan mengajukan pertanyaan atau menerima kesulitan. Ini adalah waktu terbaik untuk meninjau kembali pelajaran, memperkuat dasar-dasar, dan menguasai topik-topik yang menantang. Jadi jika Anda bergumul dengan topik tertentu, alih-alih mengabaikannya, luangkan waktu untuk memahaminya. Ada berbagai bahan studi yang tersedia online - video dan tulisan - yang menjelaskan konsep dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.

3.Tonton video, pelajari lebih cerdas

Tahukah Anda bahwa visual diproses 60.000 kali lebih cepat oleh otak Anda daripada teks? Dan saya yakin bahwa siapa pun dapat menjamin kenyataan bahwa belajar dari video jauh lebih menyenangkan daripada membaca! Aplikasi pembelajaran memiliki video dengan konten animasi yang dijelaskan dengan baik dan kelas langsung yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep lebih cepat dan mempertahankannya lebih lama.

Jadi luangkan waktu untuk menemukan video yang menjelaskan konsep secara visual sehingga Anda dapat belajar, memahami, dan mengingatnya dengan lebih baik.

4.Buat rutinitas dan patuhi itu

Memiliki rutinitas dapat membantu Anda menjadi pembelajar yang konsisten dan disiplin. Jadi buatlah tabel waktu untuk hari itu dan alokasikan sejumlah waktu tertentu untuk belajar, berlatih, dan merevisi. Untuk memastikan Anda menggunakan rutinitas ini sebaik-baiknya, pastikan Anda tetap menggunakannya. Memilih kelas daring secara langsung juga dapat membantu mengatur rutinitas pembelajaran Anda.

5.Jadikan lingkungan Anda sebagai guru Anda:

Tahukah Anda bahwa inspirasi James Watt untuk mesin uap berasal dari ketel yang mendidih? Dia memperhatikan bagaimana uap memaksa tutup ketel naik dan menyadari bahwa dia dapat menggunakan uap untuk menyalakan mesin.

Yang diceritakan oleh kisah ini adalah bahwa sains ada di sekitar kita - di dapur Anda, di taman, dan di mana pun. Jadi jaga sekeliling Anda, ajukan pertanyaan. Jika Anda penasaran ingin tahu mengapa hal-hal tertentu berjalan seperti itu, cari online. Jika Anda ingin melangkah lebih jauh, menganalisis apa yang Anda pelajari dan secara mental memetakan masing-masing fakta yang baru Anda temukan untuk memahami bagaimana semuanya saling berhubungan!

6.Berlatih, merevisi, dan berlatih lagi

Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang untuk menguasai konsep. Setelah Anda membahas topik baru, berlatih dan merevisi. Ada tes praktik tak terbatas dan kuis online yang dapat membantu Anda berlatih, memastikan bahwa Anda memiliki pemahaman menyeluruh tentang setiap konsep dan unit. Anda juga dapat menyegarkan ingatan Anda dengan sesekali meninjau kembali topik lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

parenting belajar di rumah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top