Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Dampak Negatif Dalam Hubungan Bila Abaikan Ruang Pribadi

Kehilangan ruang pribadi atau me time, bisa membuat Anda kurang bahagia dan bisa memantik kemarahan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 10 Juni 2020  |  19:37 WIB
Ruang pribadi atau me time bisa meremajakan kebahagiaan hidup Anda - Boldsky
Ruang pribadi atau me time bisa meremajakan kebahagiaan hidup Anda - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan yang tidak memberikan ruang pribadi saat menjalin hubungan, bisa membahayakan hubungan asmara.

Namun, ada pasangan yang mengira bahwa me time atau ruang pribadi menjadi tanda bahwa pasangan mereka tidak lagi mencintai mereka. Namun, ini tidak benar.

Ruang pribadi bisa meremajakan tingkat energi Anda dan membantu Anda meluangkan waktu bersama diri sendiri. Ini akan membuat Anda merasa bahagia dan sebagai hasilnya, Anda memberikan upaya yang lebih baik dalam hubungan Anda.

Ruang pribadi atau me time akan membuat Anda merasa santai. Misalnya, ini memungkinkan Anda untuk membaca buku atau beristirahat. Berikut dampak yang timbul bila Anda tidak memiliki ruang pribadi dan me time:

1. Mengungkapkan Argumen yang Tidak Perlu

Ketika Anda tidak memiliki ruang pribadi, Anda mungkin merasa jengkel dan frustrasi. Ini karena Anda tidak mendapatkan cukup waktu untuk mengurangi tingkat stres dan memiliki ketenangan pikiran.

Akibatnya, Anda mungkin berteriak pada hal-hal kecil. Ini dapat menyebabkan pertengkaran yang tidak perlu antara Anda dan pasangan. Anda dapat berdebat satu sama lain tentang masalah kecil apa pun. Alih-alih menyelesaikan masalah dengan cara yang tenang, Anda mungkin saling berteriak.

2. Anda Menjadi Saling Tergantung

Hubungan yang saling tergantung adalah di mana salah satu dari pasangannya bergantung pada yang lain. Dalam hubungan ini, bahkan harga diri dan pilihan Anda bergantung pada pasangan Anda.

Jadi, ketika hubungan Anda tidak memiliki ruang pribadi, Anda atau pasangan Anda dapat bergantung pada validasi satu sama lain.

Misalnya, jika pasangan Anda tidak mengizinkan Anda untuk memiliki ruang pribadi, ia pada akhirnya akan mengendalikan apa yang Anda pikirkan, makan, kenakan, dan bahkan pilihan Anda. Selain itu, ia mungkin selalu mencari validasi Anda meskipun dalam hal-hal kecil. Ini kemudian dapat melemahkan akar hubungan Anda.

3. Anda dan Pasangan Bisa Stres

Kurangnya ruang pribadi dalam hubungan Anda, Anda mungkin menemukan salah satu dari Anda sedang stres sepanjang waktu. Ini karena tubuh dan pikiran Anda mungkin menuntut me time untuk merasa santai.

Anda mungkin tidak merasa segar dan antusias seperti biasanya. Bahkan jika Anda bersama pasangan, Anda mungkin ingin menikmati waktu sendirian.

4. Anda dan Pasangan Mudah Kesal

Karena pasangan Anda sudah stres dan Anda memiliki argumen yang tidak perlu setiap saat, ada kemungkinan besar bahwa ia mungkin merasa terganggu dengan mudah. Anda mungkin menemukan pasangan Anda kesal pada setiap hal kecil.

5. Anda Dapat Menghadapi Berbagai Kesalahpahaman

Jika Anda adalah orang yang ingin memiliki ruang pribadi Anda dan pasangan Anda menentangnya, maka ada kemungkinan bahwa Anda berdua mungkin memiliki beberapa kesalahpahaman.

Pasangan Anda mungkin merasa bahwa Anda tidak mencintainya, sedangkan Anda mungkin merasa bahwa pasangan Anda tidak lagi peduli pada Anda. Anda berdua dapat menemukan kesalahpahaman satu sama lain.

6. Anda Mungkin Tidak Merasa Bahagia Satu Sama Lain

Jelas bahwa ketika Anda memiliki banyak kesalahpahaman dan argumen, Anda mungkin tidak merasa bahagia satu sama lain. Stres dan kegelisahan Anda juga dapat menambah kemarahan. Anda berdua merasa bahwa Anda tidak bahagia dalam menjalin hubungan.

Anda mungkin merasa bahwa pasangan Anda paling tidak peduli dengan Anda dan kebahagiaan Anda. Bahkan, Anda mungkin mencoba untuk menghasilkan ide untuk menghabiskan waktu sendirian dengan diri sendiri, tanpa membiarkan pasangan Anda mengetahuinya.

7. Anda Merasa Semakin Tidak Nyaman

Saat Anda kehilangan waktu untuk diri Anda sendiri, maka Anda mencoba yang terbaik seperti memberikan waktu pribadi kepada pasangan Anda. Hal tersebut Anda lakukan karena Anda tak ingin diganggu saat melakukan me time.

Namun, tanpa ada komunikasi yang baik maka hal tersebut akan memantik masalah pada hubungan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta tips cinta tips bahagia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top