Bayi yang baru lahir, Phuc An, dengan memakai pelindung wajah terlihat sebelum meninggalkan rumah untuk mendapatkan vaksinasi, di tengah penyebaran penyakitCovid-19, di Hanoi, Vietnam, 13/4/2020. Phuc An lahir di rumah sakit Vinmec di Hanoi pada 1 April. Foto diambil pada 13 April 2020./Antara-Reuters
Health

Face Shield Lebih Efektif Tangkal Sebaran Virus Corona

Desyinta Nuraini
Selasa, 16 Juni 2020 - 15:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Face shield (pelindung wajah) menjadi alternatif selain masker untuk melindungi wajah dari paparan virus corona atau Covid-19. Bahkan beberapa merk diantaranya memiliki efek lain seperti perawatan wajah.

Face shield merupakan penghalang berbahan plastik bening yang melengkung untuk menutupi seluruh wajah. Benda ini menjadi salah satu jenis alat pelindung diri (APD) dari cairan tubuh, percikan, atau bahan infeksi.

Dilansir dari Verywell Health, Selasa (16/6/2020), face shield memiliki beberapa kelebihan seperti bisa dipakai berulang karena bisa dibersihkan menggunakan sabun dan air, melindungi wajah secara keseluruhan, komunikasi lebih mudah karena area wajah terlihat, mudah diproduksi daripada masker medis dan kecil kemungkinan kehabisan stok.

Kemudian face shield memiliki perlindungan yang lebih baik. Simulasi yang dilakukan dengan virus influenza, bukan SARS-CoV-2 menunjukkan face shield melindungi dari 68 persen hingga 96 persen aerosol partikel kecil. Menurut penelitian pada 2014, memakai memakai face shield mengurangi paparan partikel infeksi (seperti virus) hingga 96 persen saat dipakai dalam jarak 18 inci ketika seseorang batuk.

Memang, sejauh ini respirator N95, yang menyaring 95 persen partikel di udara, termasuk aerosol, adalah jenis masker wajah yang paling protektif. Tetapi persediaan mereka minim dan harus disediakan untuk petugas kesehatan dan orang yang kontak langsung dengan pasien. Lagi pula, N95 hanya sekali pakai dan harus dipasang dengan benar.

Sementara masker bedah yang juga sekali pakai hanya dirancang untuk memblokir percikan air liur atau partikel besar lainnya yang mungkin dipancarkan ketika orang batuk atau bersin. Tanpa filter tambahan, mereka hanya bisa menangkal sekitar 20 persen aerosol. Sedangkan masker kain, hanya 5 hingga 65 persen efisiensinya dalam menghalangi partikel aerosol.

Kendati demikian, disarankan agar menggunakan masker walaupun memakai face shield untuk berjaga-jaga partikel virus masuk dari samping.

Berikut cara membersihkan face shield di rumah:

1. Gunakan air hangat (bukan panas) dan sabun membersihkan plastik dan bahan lainnya

2. Bilas sampai bersih

3. Keringkan dengan cara membiarkannya atau mengelap menggunakan kain bersih

4. Jangan semprotkan pembersih atau bahan disinfektan lainnya pada face shield atau penutup wajah jenis lain. Ini bisa beracun jika terhirup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro