Aktor Sir Ian Holm
Entertainment

Bintang Lord Of The Rings dan Chariots Of Fire, Sir Ian Holm, Wafat

Nirmala Aninda
Jumat, 19 Juni 2020 - 20:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Agen dari bintang Lord Of The Rings dan Chariots Of Fire, Sir Ian Holm, mengkonfirmasi bahwa aktor tersebut telah meninggal pada usia 88.

"Dengan sangat sedih kami menyampaikan bahwa aktor Sir Ian Holm CBE meninggal pagi ini pada usia 88. Dia meninggal dengan tenang di rumah sakit, bersama keluarga dan pengasuhnya," kata Alex Irwin, menambahkan bahwa penyebab kematiannya terkait dengan Parkinson, seperti dikutip melalui Sky News, Jumat (19/6).

Sir Ian dikenal dengan perannya sebagai Bilbo Baggins dalam trilogi The Hobbit & The Lord of the Rings di mana aktingnya menjadi warisan berharaga yang dapat disaksikan oleh semua generasi.

Dia diakui secara global untuk karirnya yang luar biasa mengesankan dan beragam di industri perfilman yang mencakup Chariots Of Fire, The Fifth Element, Alien, The Sweet Hereafter, Time Bandit, The Emperor's New Clothes dan The Madness Of King George.

Dia juga merupakan bintang mapan dari Royal Shakespeare Company, dan aktor favorit Harold Pinter.

"Dia jenius di panggung dan di layar lebar, dia memenangkan banyak penghargaan dan dicintai oleh sutradara, audiensi, dan rekan-rekannya. Kecerdasannya yang cemerlang selalu disertai binar di matanya," ujar Irwin.

Karirnya dimulai setelah dia terinspirasi dengan pertunjukan Les Miserables. Sir Ian belajar akting di Royal Academy of Dramatic Art pada tahun 1949 sebelum bergabung dengan Royal Shakespeare Company.

Namun, karirnya di atas panggung terpaksa terhenti setelah dia menderita demam panggung akut selama produksi The Iceman Cometh pada tahun 1976.

Dia kembali ke panggung hanya pada beberapa kesempatan, termasuk pada penampilan King Lear di Teater Nasional pada tahun 1998 yang memberikannya penghargaan Olivier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro