Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Salah satu tanda peringatan utama dari kondisi ini adalah perasaan aneh di kaki Anda. Anda akan merasakan mati rasa dan seperti ditusuk jarum di telapak kaki Anda. Demikian dikutip dari Express.co.uk.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  08:09 WIB
Kandungan makanan mengandung vitamin B12
Kandungan makanan mengandung vitamin B12

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala defisiensi Vitamin B12 bisa sulit dikenali, dan dapat berkembang sangat lambat dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu tanda peringatan utama dari kondisi ini adalah perasaan aneh di kaki Anda. Anda akan merasakan mati rasa dan seperti ditusuk jarum di telapak kaki Anda. Demikian dikutip dari Express.co.uk.

Vitamin B12 adalah bahan penting untuk kesehatan tubuh, karena diperlukan untuk membuat sel darah merah. Tanda-tanda kekurangan bisa berkembang sangat lambat, sehingga mungkin sulit untuk mendiagnosis kondisi tersebut.

Orang dengan gejala yang tidak terdiagnosis harus mempertimbangkan bahwa mereka mungkin memiliki kekurangan vitamin B12.

Meskipun tidak mungkin bahwa gejala Anda disebabkan oleh kondisi tersebut, masih ada banyak orang yang kekurangan B12. Tes darah cepat dapat mengungkapkan apakah Anda harus menambahkan lebih banyak B12 ke dalam diet Anda.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan  sensasi, yang mungkin terasa seperti mati rasa terus-menerus di kaki Anda, bisa sangat menyakitkan.

Seperti halnya gejala anemia, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala yang berkaitan dengan saraf Anda.

Kekurangan vitamin B12 ini dapat memengaruhi gerakan dan sensasi Anda, terutama pada kaki Anda, menyebabkan mati rasa atau jepit dan jarum dan menurunkan sensitivitas Anda terhadap sentuhan, getaran atau rasa sakit.

Ini juga dapat menyebabkan kebingungan, depresi, konsentrasi yang buruk dan kelupaan - gejala yang dapat menyerupai demensia.

Gejala-gejala ini tidak selalu disebabkan oleh anemia defisiensi vitamin B12, tetapi jika Anda memeriksakannya ke dokter Anda.

Sementara itu, Anda juga bisa berisiko kekurangan vitamin B12 jika Anda mengalami rasa sakit yang tajam menusuk di telapak tangan Anda.

Rasa sakit cenderung terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan sebelumnya. Ini biasanya mempengaruhi tempat tepat di bawah jari manis, di sekitar tempat lipatan telapak tangan, katanya.

Jika tidak diobati, rasa sakit ini dapat mulai bergerak ke arah tepi luar tangan, yang berasal dari pergelangan tangan. Tanda-tanda peringatan lain yang lebih umum dari kekurangan vitamin B12 termasuk kelelahan, sakit kuning, dan merasa pusing.

Anda harus berbicara dengan dokter jika Anda khawatir tentang gejala kekurangan vitamin B12. Tapi Anda bisa menambah vitamin dengan makan makanan tertentu. Sumber vitamin B12 terbaik termasuk daging sapi, hati, makanan susu, telur, dan salmon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top