Manajemen pusat kebugaran sedang membersihkan peralatan olahraga./istimewa
Health

Ini Kondisi Pusat Kebugaran Saat New Normal

Dewi Andriani
Jumat, 3 Juli 2020 - 18:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19 membuat bisnis kebugaran terpaksa harus ditutup selama lebih dari tiga bulan terakhir, hingga akhirnya pemerintah memberi lampu hijau bagi industri ini untuk kembali beroperasi, terutama di beberapa kota yang sudah memasuki zona hijau.

Meski demikian, sebagai fasilitas umum yang peralatannya sering digunakan secara bergantian, bisnis jasa kebugaran dan senam ini termasuk yang sangat rentan di masa pandemi Covid-19 ini sehingga membutuhkan protokol kesehatan khusus saat akan beroperasi kembali dalam kondisi new normal.

Protokol kesehatan yang ketat ini pula diterapkan oleh dua tempat fitness ternama di Indonesia yaitu Celebrity Fitness dan Fitness First Indonesia yang saat ini sudah mulai dibuka secara bertahap di beberapa lokasi.

David Prosser, Managing Director Celebrity Fitness dan Fitness First Indonesia mengatakan saat uji coba pembukaan ini, pihaknya sangat fokus pada keamanan dan keselamatan anggota dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai dengan aturan yang sudah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Mulai dari pengaturan suhu tubuh, menjaga kebersihan dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, memakai masker, membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan dengan disinfektan, serta memastikan seluruh ruangan sudah bersih dan steril.

tips fitness aman saat pandemi covid19 corona
tips fitness aman saat pandemi covid19 corona

Selain itu, setiap anggota yang akan mengunjungi club diharuskan untuk menandatangani formulir kesehatan yang mengkonfirmasi bahwa mereka dalam keadaan sehat dan bebas gejala covid-19. Untuk meminimalisir risiko penularan, setiap anggota disarankan membawa handuk sendiri dan peralatan sendiri seperti matras yoga, sarung tinju dan perlengkapan suspensi.

Dalam kondisi saat ini, Prosser juga memutuskan untuk keselamatan anggota, beberapa fasilitas yang memiliki risiko tinggi seperti sauna, ruang uap dan kolam renang akan ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Aplikasi Online

Prosser menambahkan bahwa di dalam club, para anggota harus menerapkan praktik social distancing dan physical distancing. Untuk itu, Celebrity Fitness dan Fitness First meluncurkan aplikasi online yang memungkinkan anggota melakukan pendaftaran awal saat akan latihan dan masuk ke dalam kelas studio.

Melalui aplikasi tersebut akan terlihat jumlah anggota yang hadir. Jumlahnya tidak boleh lebih dari 50% dari kapasitas sehingga lebih mudah mengatur jarak sosial yang aman sesuai dengan aturan pemerintah yaitu 2 meter untuk jarak di studio latihan dan 1,5 meter di area lainnya dalam klub, termasuk di dalam ruang ganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro