Ilustrasi/Parade
Fashion

7 Tanda Kosmetik Sudah Kadaluarsa

Krizia Putri Kinanti
Senin, 6 Juli 2020 - 13:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi ini membuat banyak dari kita yang di rumah dan jarang merias diri, otomatis banyak kosmetik Anda yang hampir, bahkan sudah kadaluarsa.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menentukan apakah makeup Anda telah kedaluwarsa tanpa mengetahui tanggal kadaluarsa sama sekali.

Kosmetik adalah alat untuk meningkatkan keindahan fitur alami kita. Namun, begitu kadaluarsa, riasan dapat merusak kulit, mata, dan bibir Anda. Produk kecantikan yang kedaluwarsa bahkan dapat menyebabkan infeksi dan berjerawat di wajah Anda. Dikutip dari Bustle, Senin (6/7/2020), Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah makeup Anda sudah kadaluarsa.

1. Warna Telah Berubah

Jika Anda memperhatikan bahwa riasan Anda teroksidasi menjadi warna yang berbeda (dan tidak kembali lagi), maka inilah saatnya untuk membuangnya. Perubahan warna adalah tanda yang pasti bahwa makeup Anda telah kedaluwarsa, dan bahkan telah mengalami pertumbuhan bakteri.

2. Teksturnya sudah tidak seperti biasa saat digunakan

Jika Anda memperhatikan produk kecantikan yang tidak merata, seperti tekstur yang sudah mengering. Ini menjadi tanda kemungkinan sudah kedaluwarsa. Selamatkan diri Anda dari infeksi bakteri dengan membuang produk krim kering Anda.

3. Berbau

Bau adalah indikator utama bahwa makeup Anda memburuk. Penata rias Pati Dubroff menyebutkan bahwa jika maskara memiliki "bau seperti bensin", maka artinya kualitasnya sudah memburuk. Ia juga menyebutkan untuk waspada terhadap produk-produk "berbau basi" karena produk-produk ini sepertinya sudah kadaluarsa juga.

4. Ada gumpalan

Produk makeup cair tidak seharusnya gumpal. Jika Anda melihat ada gumpalan di produk Anda, maka pastikan untuk membuangnya. Gumpalan dapat menjadi tanda pertumbuhan bakteri.

5. Lapisan Film atau Chalky

Bukan hanya produk krim dan cair yang kadaluarsa. Produk makeup rias juga dikenakan tanggal kedaluwarsa. Sebuah tanda bahwa bubuk Anda perlu diganti adalah jika bubuk berwarna abu-abu atau lapisan kapur telah berkembang di atas produk. Ini berarti saatnya untuk berpisah dengan produk.

6. Bintik Putih

Jika Anda eyeliners atau pensil bibir mulai terdapat bercak putih di ujungnya yang tidak dapat diasah, maka produk itu telah kadaluarsa.

7. Terpisah

Jika riasan cair Anda terlihat terpisah, goyangkan dengan baik. Jika formula tidak juga mengencangkan atau menyatu kembali, maka inilah saatnya berpisah. Formula makeup dimaksudkan untuk dicampur.

Meskipun mungkin sulit untuk berpisah dengan makeup Anda, itu pasti layak untuk jangka panjang. Ucapkan perpisahan pada infeksi bakteri dengan secara teratur mengganti produk kecantikan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro