Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Tanda Kosmetik Sudah Kadaluarsa

Makeup yang sudah kadaluarsa bisa menimbulkan infeksi pada penggunanya. Mau tak mau, Anda harus segera membuang dan mengganti dengan produk kecantikan baru.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  13:14 WIB
Ilustrasi - Parade
Ilustrasi - Parade

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi ini membuat banyak dari kita yang di rumah dan jarang merias diri, otomatis banyak kosmetik Anda yang hampir, bahkan sudah kadaluarsa.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menentukan apakah makeup Anda telah kedaluwarsa tanpa mengetahui tanggal kadaluarsa sama sekali.

Kosmetik adalah alat untuk meningkatkan keindahan fitur alami kita. Namun, begitu kadaluarsa, riasan dapat merusak kulit, mata, dan bibir Anda. Produk kecantikan yang kedaluwarsa bahkan dapat menyebabkan infeksi dan berjerawat di wajah Anda. Dikutip dari Bustle, Senin (6/7/2020), Ini cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat apakah makeup Anda sudah kadaluarsa.

1. Warna Telah Berubah

Jika Anda memperhatikan bahwa riasan Anda teroksidasi menjadi warna yang berbeda (dan tidak kembali lagi), maka inilah saatnya untuk membuangnya. Perubahan warna adalah tanda yang pasti bahwa makeup Anda telah kedaluwarsa, dan bahkan telah mengalami pertumbuhan bakteri.

2. Teksturnya sudah tidak seperti biasa saat digunakan

Jika Anda memperhatikan produk kecantikan yang tidak merata, seperti tekstur yang sudah mengering. Ini menjadi tanda kemungkinan sudah kedaluwarsa. Selamatkan diri Anda dari infeksi bakteri dengan membuang produk krim kering Anda.

3. Berbau

Bau adalah indikator utama bahwa makeup Anda memburuk. Penata rias Pati Dubroff menyebutkan bahwa jika maskara memiliki "bau seperti bensin", maka artinya kualitasnya sudah memburuk. Ia juga menyebutkan untuk waspada terhadap produk-produk "berbau basi" karena produk-produk ini sepertinya sudah kadaluarsa juga.

4. Ada gumpalan

Produk makeup cair tidak seharusnya gumpal. Jika Anda melihat ada gumpalan di produk Anda, maka pastikan untuk membuangnya. Gumpalan dapat menjadi tanda pertumbuhan bakteri.

5. Lapisan Film atau Chalky

Bukan hanya produk krim dan cair yang kadaluarsa. Produk makeup rias juga dikenakan tanggal kedaluwarsa. Sebuah tanda bahwa bubuk Anda perlu diganti adalah jika bubuk berwarna abu-abu atau lapisan kapur telah berkembang di atas produk. Ini berarti saatnya untuk berpisah dengan produk.

6. Bintik Putih

Jika Anda eyeliners atau pensil bibir mulai terdapat bercak putih di ujungnya yang tidak dapat diasah, maka produk itu telah kadaluarsa.

7. Terpisah

Jika riasan cair Anda terlihat terpisah, goyangkan dengan baik. Jika formula tidak juga mengencangkan atau menyatu kembali, maka inilah saatnya berpisah. Formula makeup dimaksudkan untuk dicampur.

Meskipun mungkin sulit untuk berpisah dengan makeup Anda, itu pasti layak untuk jangka panjang. Ucapkan perpisahan pada infeksi bakteri dengan secara teratur mengganti produk kecantikan Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

make up Virus Corona lipstik
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top