Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hand Sanitizer di Inggris Digunakan untuk Mabuk-Mabukan

Hand sanitizer mengandung isopropyl alkohol (isopropanol atau alkohol gosok). Alkohol jenis ini beracun dan dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, dan kerusakan ginjal.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  13:55 WIB
Penumpang menggunakan antiseptik atau hand sanitizer di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Penumpang menggunakan antiseptik atau hand sanitizer di Halte Harmoni, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia banyak pemuda tanggung yang diketahui mabuk-mabukan dengan cairan yang tidak semestinya seperti obat batuk, spiritus, hingga obat nyamuk oles. Hal serupa ternyata terjadi pula di Inggris.

Namun, perbedaannya di Inggris cairan yang digunakan untuk mabuk-mabukan adalah cairan pembersih tangan berbasis alkohol atau hand sanitizer. Parahnya lagi, handsanitizer yang digunakan berada di ruang publik yang mana pemerintah setempat menyiapkannya sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Melansir Metro, pada Selasa (14/7/2020), botol hand sanitizer komunal yang berada di South Shields, South Tyneside dirusak agar cairan di dalamnya bisa dikeluarkan dengan mudah dan diminum.

Perusahaan yang berbasis di York, BusinessWaste ditugaskan untuk menyingkirkan ribuan wadah gel yang rusak setiap pekan. Artinya, tak sedikit yang menyalahgunakan hand sanitizer untuk mabuk-mabukan.

Direktur Mark Hall mengatakan hal terjadi di mana-mana, hampir di mana-mana. Tentunya sebagian orang tak percaya dengan keadaan tersebut, akan tetapi hal itu nyata adanya.

Meminum hand sanitizer untuk mabuk-mabukan tentunya adalah sebuah tindakan yang sangat bodoh dan berbahaya.

"Perlu diulangi bahwa Anda tidak boleh dalam keadaan apa pun meminum hand sanitizer. Kadar alkohol yang cukup tinggi didalamnya bisa membuat Anda overdosis, bahkan sebelum merasa mabuk. Belum lagi kandungan bahan kimia lain yang membentuk gel tangan tentunya tidak cocok untuk dikonsumsi manusia," katanya.

Menurut Sciencenotes, terdapat dua jenis alkohol digunakan pada hand sanitizer. Jenis yang paling umum mengandung antara 60 persen dan 95 persen etanol (etil alkohol atau alkohol butiran).

Hand sanitizer ini ini dapat membuat telinga Anda berdengung atau mabuk dengan mudah karena setara dengan 120 botol minuman keras jenis liquor dan 80 botol vodka.

Jenis hand sanitizer lainnya mengandung isopropyl alkohol (isopropanol atau alkohol gosok). Alkohol jenis ini beracun dan dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan, kerusakan ginjal, dan kerusakan hati. Namun, bahan dengan potensi menjadi yang paling beracun sering kali disebut sebagai 'wewangian', karena aroma tersebut seringkali dibuat menggunakan petrokimia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hand sanitizer mabuk Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top