Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Cara Rumahan untuk Mengurangi Gejala Orkitis

Bagi pria, orkitis bisa saja terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus, atau juga karen penyakit menular seksual.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 25 Juli 2020  |  12:49 WIB
Penyakit orkitis yang menyerang pria, bisa terjadi karena bakteri, virus dan seks bebas. - ilustrasi
Penyakit orkitis yang menyerang pria, bisa terjadi karena bakteri, virus dan seks bebas. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Orkitis adalah peradangan pada testis yang menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Kadang-kadang, kondisinya bertambah parah dan menyebabkan gejala lain seperti mual, muntah, demam, dan nyeri pada area testis.

Penyebab umumnya adalah infeksi bakteri atau virus. Selain itu, infeksi gondok, infeksi saluran kemih, dan penyakit menular seksual juga dapat menyebabkan orkitis. Ada sejumlah obat rumahan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (25/7/2020) berikut ini adalah sepuluh obat rumahan dan upaya relatif mudah yang aman juga efektif untuk mengobati dan mengurangi gejala orkitis.

1. Kompres dingin

Kompres dingin sangat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan testis. Cara ini mematikan area yang meradang dengan mengurangi aliran darah dan aktivitas saraf, yang secara signifikan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

2. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang limfosit serta makrofag yang merupakan pembunuh alami infeksi atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, aktivitas anti-inflamasi bawang putih menekan peradangan yang disebabkan oleh infeksi.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotong beberapa siung bawang putih, campur dengan minyak mustard dan panaskan sampai berubah warna. Setelahnya, dinginkan campuran lalu pijat perlahan di daerah orkitis.

3. Kunyit

Curcumin, polifenol utama dalam kunyit membantu dalam pengelolaan banyak kondisi peradangan. Senyawa tersebut menargetkan sitokin inflamasi pada tingkat sel yang disebabkan oleh infeksi. Ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

Langkahnya, masukkan kunyit dalam jumlah banyak kek dalam makanan. Untuk mendapat efek anti-inflamasi dari curcumin, disarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 hingga 1.000 miligram kunyit.

4. Minyak zaitum

Asam oleat, senyawa aktif dalam minyak zaitun memiliki efek antioksidan. Polifenol dalam minyak ini juga membantu mencegah stres oksidatif dalam sel. Ini membantu dalam fungsi kekebalan tubuh, yang selanjutnya membantu memproduksi antibodi dan mengurangi penanda inflamasi dalam darah.

5. Yogurt

Yogurt merupakan probiotik yang memiliki efek anti-inflamasi dan imunomodulator. Dengan demikian, produk ini mampu menyeimbangkan bakteri usus dan dapat mengurangi gejala orkitis seperti muntah dan mual. Efek anti-inflamasinya juga dapat mengurangi pembengkakan testis dan efek imunomodulator dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

6. Cuka sari apel

Kemanjuran cuka sari apel (apple cider vinegar) pada orkitis masih kontroversial. Kendati ACV ini merupakan antibiotik, sifat asamnya yang tinggi dinilai dapat mengganggu jaringan lunak testis. Produk ini dapat diterapkan secara topikal atau diminum hanya setelah berkonsultasi dengan ahli medis.

7. Echinacea

Echinacea adalah ramuan yang bermanfaat dan merupakan alternatif yang efektif untuk antibiotik yang dapat membantu mengobat infeksi dan meredakan gejala orkitis seperti rasa sakit dan peradangan. Anjurannya adalh mengonsumsi teh echinacea setiap pagi dan berhenti ketika sudah menunjukkan pengurangan gejala.

8. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki tiga sifat manjur terhadap orkitis yakni antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini dapat memberi bantuan lebih cepat terhadap rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

9. Minyak Thyme

Minyak thyme sangat membantu dalam mengurangi berbagai jenis peradangan kronis. Senyawa bioaktif utama dalam minyak menghambat imunomodulator, antibakteri, antioksidan, aktivitas antijamur, dan anti-inflamasi. Dengan demikian, efeknya dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan testis serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

10. Goldenseal

Goldenseal merupakan ramuan dengan manfaat obat. Ini dapat membantu memerangi infeksi dan pembengkakan pada tingkat yang lebih cepat karena aktivitas antibakteri dan anti-inflamasinya yang kuat.

Aktivitas goldenseal yang terbukti terhadap bakteri telah banyak diketahui. Ini menunjukkan bahwa ramuan ini mungkin berpotensi besar membantu mengobat infeksi, terutama yang disebabkan oleh bakteri.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan goldenseal hanya boleh dilakukan setelah berkonsultasi dengan ahli medis, hal ini karena penggunaannya yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah efek samping.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan virus pria bakteri
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top