Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menanti Vaksin Virus Corona Korsel Genexine Masuk Indonesia

Korea Selatan (Korsel) merancang vaksin virus corona DNA yang dirancang untuk membuat antigen dengan terlebih dahulu memasukkan asam nukleat ke dalam tubuh.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  10:12 WIB
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka menghadirkan vaksin guna memerangi pandemi Covid-19, Indonesia telah menggandeng sejumlah perusahaan luar negeri. Salah satunya adalah vaksin yang dikembangkan oleh Genexine dari Korea Selatan.

Dilansir dari Genetic Engineering & Biotechnology News, perusahaan Genexine memulai pengembangan vaksin virus corona baru atau Covid-19 yang dijuluki dengan nama GX-19 pada pertengahan Maret.

Proyek ini merupakan konsorsium dengan pengembang vaksin Binex, Binex, the nonprofit International Vaccine Institute, GeNBio, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), and Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

International Vaccine Institute menyatakan bahwa GX-19 merupakan vaksin DNA yang dirancang untuk membuat antigen dengan terlebih dahulu memasukkan asam nukleat ke dalam tubuh. Antigen kemudian menghasilkan respons imun yang diinduksi.

Metode ini dipelajari secara luas karena merupakan cara yang aman dan cepat dibuat ketika informasi genom telah tersedia. Tim peneliti dari konsorsium menyelesaikan pengembangan vaksin DNA ini pada Maret.

Penelitian tentang vaksin sejauh ini telah dilakukan pada primata dan telah menunjukkan hasil yang positif. Uji coba vaksin pada hewan menunjukkan bahwa vaksin GX-19 mampu menghasilkan antibodi yang diyakini bisa menetralkan virus corona baru.

Dalam perkembangannya, vaksin GX-19 dilaporkan telah mendapatkan persetujuan uji klinis manusia pada pertengahan Juni lalu. Percobaan terdiri dari bagian fase I ada 40 sukarelawan sehat diikuti oleh evaluasi fase IIa terkontrol plasebo dari dua tingkat dosis pada 150 pasien.

Dilansir dari BioWorld, CEO Genexine Young Chul Sung mengatakan bahwa ini adalah uji coba vaksin domestik Korea Selatan pertama yang disetujui oleh pihak berwenang. Manajemen perusahaan berharap data awal dari uji coba bisa keluar pada September dan menyelesaikan tahap akhir pada 2021 mendatang.

Selain uji coba di negaranya, Genexine juga telah bekerja sama dengan negara lain, termasuk dengan Indonesia melalui perusahaan patungan PT Kalbe Genexine Biologic. Genexine menggandeng PT Kalbe Farma Tbk untuk uji coba di Indonesia. Selain Indonesia, perusahaan juga berencana menggandeng Thailand untuk kerja sama uji coba vaksin yang lebih luas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top