Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Menyusui, Ini Penyebab Bayi Bingung Puting Ibu

Bayi yang baru lalu sudah dibeli dengan kemampuan mengisap. Namun, apa jadinya bila bayi bingung puting dan kesulitan untuk minum?
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  14:53 WIB
Ilustrasi - Talkfeed.co.za
Ilustrasi - Talkfeed.co.za

Bisnis.com, JAKARTA -- Bingung puting bukanlah hal yang biasa, dan itu terjadi ketika bayi kesulitan menyesuaikan diri dengan mengisap puting setelah belajar cara mengisap botol atau boneka.

Dari sudut pandang bayi, menghisap puting susu atau mengisap yang diperlukan untuk menyusui berbeda dengan mengisap dot atau boneka. Ini berarti bahwa bayi Anda merasa kesulitan untuk menempel (memegang) payudara Anda dan mengisap susu. Ini menyebabkan kebingungan. Namun, itu bukan sesuatu yang harus membuat ibu khawatir karena ada cara untuk menyelesaikannya.

Apa itu Nipple Confusion?

Dalam kebanyakan botol, puting susu kaku, dan aliran susu juga konstan. Ini artinya, bayi Anda tidak perlu banyak bekerja untuk mendapatkan ASI (air susu ibu). 

Di sisi lain, ketika datang untuk menyusui di payudara Anda, bayi Anda perlu membuka mulut untuk menguncinya. Bersamaan dengan itu, ia juga perlu menggunakan sekitar 40 otot di mulutnya untuk mengisap susu.

Dikutip dari Parenting Firstcry, Senin (3/8/2020), ada banyak alasan mengapa banyak bayi tidak belajar cara menyusui sejak hari pertama. Salah satu alasan utama mereka tidak memahami proses adalah karena mereka merasa sulit untuk menempel.

Namun, itu seharusnya tidak mengecewakan Anda. Jika bayi Anda tidak dapat menyusu dan enggan menyusui, ini tidak berarti bahwa bayi Anda menolak Anda.

Bayi lebih memilih botol, apa yang harus saya lakukan?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengapa bayi Anda memberi puting botol lebih banyak pilihan, padahal ia seharusnya lebih suka puting Anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli laktasi dan mencari bantuan tentang posisi latching terbaik untuk membantu bayi Anda menyusui.

Sampai bayi Anda merasa nyaman dengan penguncian, Anda dapat mencoba menemukan cara untuk memberinya ASI yang dituangkan ke dalam botol alih-alih dari puting susu. Ini akan memastikan dia masih diberi ASI dan dapat menikmati semua manfaat ASI.

Apa penyebab bayi bingung puting?

Sebagai aturan umum, semua bayi dilahirkan dengan pengetahuan tentang cara menghisap, dan otak mereka dirancang untuk mengisap dari payudara ibu mereka. Namun, kadang-kadang, mereka mengembangkan preferensi untuk dot botol dan merasa sulit untuk mengisap dari payudara, dan ada beberapa alasan untuk ini.

Banyak orang berpikir bahwa penyebab kebingungan puting atau preferensi puting adalah kenyataan bahwa bayi lebih mudah mengisap susu dari botol dibandingkan dengan payudara. Ada yang berpikir bahwa bayi lupa bagaimana cara menempel setelah belajar cara minum dari botol.

Namun, mengisap susu dari payudara adalah sesuatu yang bayi tahu secara naluriah sejak kelahirannya. Seorang bayi tidak akan lebih suka menghisap susu dari botol kecuali dia merasa kesulitan untuk mendapatkan susu yang cukup dari payudara ibunya.

Tanda-tanda kebingungan puting

Bayi Anda mengalami kesulitan, atau hanya menolak untuk menempel, adalah tanda paling awal dari kebingungan puting dan dapat terjadi ketika bayi Anda tidak mendapatkan cukup ASI dari payudara Anda.

Beberapa tanda bahwa bayi Anda tidak mendapatkan ASI dalam jumlah yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

- Ketika bayi menolak untuk menyusui

- Ketika Anda mengalami pembengkakan payudara. Jika payudara Anda membesar dengan ASI atau payudara Anda memiliki jaringan keras, maka itu menandakan bayi Anda tidak akan bisa mendapatkan mulut penuh dari payudara Anda.

- Puting yang sakit

- Perlambatan peningkatan berat badan bayi

- Tanda-tanda ikatan lidah pada bayi. Ini bisa membuat mereka sulit untuk menyusui

Cara mengatasi kebingungan puting adalah pertanyaan umum yang banyak ditanyakan ibu menyusui. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

1. Kembalilah ke dasar-dasarnya

Anda harus kembali ke dasar-dasar mengaitkan untuk membuat bayi Anda menyadari betapa ASI yang menenangkan adalah dengan memeluknya dari kulit ke kulit.

Biasanya, Anda akan memerlukan beberapa sesi ketika bayi Anda meraba-raba payudara Anda, tetapi sesi ini akan membantu bayi untuk menempel pada payudara Anda.

2. Buat ASI lancar 

Anda bisa melakukannya secara manual, atau Anda bahkan bisa memompa payudara sebelum bayi menempel. Ini akan mengurangi upaya pada bagian bayi.

3. Pengaturan waktu itu penting

Bayi harus lapar untuk menyusu, dan itulah satu-satunya cara Anda memotivasi dia untuk mencobanya. Namun, itu tidak berarti bahwa bayi harus kelaparan karena itu akan membuatnya kehilangan kesabaran untuk mengisap dan mendapatkan ASI.

4. Jauhkan puting palsu

Dengan bayi sering mengalami kebingungan puting, sebaiknya jauhkan botol. Tetaplah menyusui sampai Anda mulai memberinya makanan padat. Pastikan untuk menjauhkan dot juga, jika bayi Anda terlalu terikat untuk mengisapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi air susu ibu
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top