Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

ASI Eksklusif Jaga Kekebalan Tubuh Bayi saat Pandemi Covid-19

ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang bisa menurunkan komorbiditas dan mortalitas sampai 12-13 persen.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  10:18 WIB
Ilustrasi - Ibu memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang kalau diberikan kepada bayi bisa menurunkan komorbiditas dan mortalitas sampai 12-13 persen - Talkfeed.co.za
Ilustrasi - Ibu memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang kalau diberikan kepada bayi bisa menurunkan komorbiditas dan mortalitas sampai 12-13 persen - Talkfeed.co.za

Bisnis.com, JAKARTA – Para ibu diimbau untuk tetap memberikan ASI eksklusif kepada bayinya di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Imbauan itu diserukan, terutama dalam peringatan Pekan ASI (Air Susu Ibu) Sedunia.

Dokter Spesialis Anak RSUP Persahabatan Jully Kasie mengatakan bahwa ASI sudah cukup mengandung semua nutrisi lengkap yang diperlukan bayi, termasuk vitamin esensial dan mineral yang sangat penting untuk perkembangan bayi.

“Dalam 1.000 hari pertama, bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Saat itu diperlukan nutrisi yang besar untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangannya, yang paling utama adalah dengan pemberian ASI,” ungkap Jully, Selasa (4/8/2020).

Adapun, saat memberikan ASI, ibu bisa sekaligus memberikan stimulasi dan kasih sayang yang bisa mendukung perkembangan bayi.

Selama pandemi Virus Corona, banyak ibu yang mengeluhkan atau takut kalau pemberian ASI-nya terganggu. Apalagi, para ibu sudah mulai harus kembali bekerja ke kantor.

Menanggapi hal ini, Jully mengimbau Ibu untuk tidak takut dan dianjurkan untuk tetap memberikan ASI kepada bayinya.

“Pasalnya, untuk bayi yang tidak mendapatkan ASI akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya, serta kesehatannya, karena ASI mengandung zat kekebalan tubuh yang kalau diberikan kepada bayi bisa menurunkan komorbiditas dan mortalitas sampai 12-13 persen,” jelasnya.

Dengan mendapat ASI, kesehatan dan imunitas bayi di masa pandemi akan lebih terjaga. Berbeda dengan bayi yang diberikan susu formula.

Menurut Dokter Jully, pemberian susu formula rentan terjadi kontaminasi yang bisa menyebabkan diare kepada bayi. Selain itu, nutrisi dalam susu formula tidak selengkap ASI dan tidak mengandung zat kekebalan tubuh seperti ASI, sehingga ibu disarankan tetap memberikan ASI selama pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bayi air susu ibu covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top