Model memperagakan busana Torang Sitorus pada hari pertama Indonesia Fashion Week 2018 di Jakarta, Rabu (28/3/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Fashion

Meski Tertunda, Persiapan Indonesia Fashion Week 2020 Tetap Berjalan

Nirmala Aninda
Jumat, 7 Agustus 2020 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika musim semi tiba, ratusan rumah mode biasanya berlomba-lomba memamerkan koleksi terbaru mereka untuk musim mendatang di ajang Fashion Week.

Pekan ini adalah pekan tersibuk bagi industri mode, namun semuanya harus ditunda atau dibatalkan di tengah kekhawatiran terhadap risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh pandemi virus corona.

Kondisi yang dengan cepat menyebar luas ini turut mempengaruhi kegiatan Indonesia Fashion Week yang sejatinya akan dilaksanakan pada 1 April 2020.

Presiden Indonesia Fashion Week Poppy Dharsono mengatakan bahwa meskipun tertunda, seluruh persiapan acara masih berjalan dengan baik.

"Panitia IFW setiap pekan mewawancarai para desainer yang nantinya akan ikut serta. Selain desainer andalan lokal, ada beberapa desainer juga yang datang dari luar negeri seperti Thailand, Peru, Filipina, Italia dan Kolombia," ujarnya dalam Ngobrol Santai Bisnis.com, Jumat (7/8/2020).

Jika tidak ada kendala baik dari segi kesehatan maupun izin pelaksanaan, Indonesia Fashion Week akan diselenggarakan pada Oktober mendatang.

Pekan mode yang diprakarsai oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ini juga akan diselenggarakan seperti biasa yakni secara offline dan online.

Beberapa penyesuaian tentunya akan diberlakukan untuk acara offline seperti membatasi jumlah tamu undangan hingga 50 persen dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jarak antara model saat berjalan di atas catwalk atau di ruang rias juga akan diatur sedemikian rupa untuk memastikan batas jarak sosial tetap terjaga.

Namun, jika keadaannya tidak memungkinkan, Poppy berharap acara kemudian dapat dilaksanakan bersamaan dengan World Modest Fashion Week yang direncanakan pada Maret 2021, di Jakarta, yang akan dihadiri oleh tamu undangan dari 43 negara.

"Fashion week sulit untuk diadakan saat ini karena kita harus menjaga jarak sosial hingga akses transportasi internasional yang masih terbatas. Kita akan lihat sampai akhir Agustus ini perkembangannya seperti apa," katanya.

Sebelumnya, panitia Indonesia Fashion Week memutuskan bahwa IFW 2020 akan diselenggarakan pada 7 Oktober 2020 - 11 Oktober 2020 dan masih bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro