Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Giliran Jerman Klaim Akan Segera Produksi Vaksin Covid-19 dalam Beberapa Bulan

Saya optimis dalam beberapa bulan ke depan, dan pasti tahun depan, bisa ada vaksin,
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  16:41 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan pada Kamis (13 Agustus) bahwa dia mengharapkan negara itu memiliki vaksin COVID-19 dalam beberapa bulan mendatang atau paling lambat tahun depan.

"Saya optimis dalam beberapa bulan ke depan, dan pasti tahun depan, bisa ada vaksin," kata Spahn kepada televisi ZDF seperti dikutip dari Channelnewsasia.com.

Seperti diketahui, vaksin buatan Jerman tengah dikembangkan oleh BionTech.

Namun, Spahn menolak menyebutkan bulan tertentu di mana vaksin akan siap, dan belum menentukan seberapa banyak orang yang perlu divaksinasi atau berapa lama kekebalan yang diberikannya.

"Tapi satu hal yang bisa kita katakan adalah bahwa berkat kita semua bekerja sama peneliti, ilmuwan, masyarakat - kita mungkin akan memiliki vaksin lebih cepat daripada sebelumnya dalam sejarah umat manusia." Tambahnya.

Menteri Riset Jerman Anja Karliczek sebelumnya mengatakan vaksin apapun tidak mungkin tersedia secara luas sebelum pertengahan tahun depan.

Sebelumnya, Spahn meragukan pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengumumkan bahwa Rusia telah menjadi negara pertama yang memberikan persetujuan peraturan untuk vaksin COVID-19 setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia.

Dia mengatakan vaksin itu belum menjalankan tes yang luas seperti vaksin lain dan hanya ada sedikit data tentangnya.

Jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi di Jerman meningkat 1.445 menjadi 219.964, data dari Robert Koch Institute (RKI) untuk penyakit menular menunjukkan pada hari Kamis, sementara jumlah kematian yang dilaporkan naik 4 menjadi 9.211.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top