Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Memasak di Rumah Bebas Asap dengan Cooker Hood

Hal penting yang harus menjadi pertimbangan sebelum membeli sungkup udara, yakni sistem kerjanya dan kemampuan menyedot udaranya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  07:31 WIB
Fotile EMS9028, Cooker Hood dengan Teknologi Terbaru Suction Plate
Fotile EMS9028, Cooker Hood dengan Teknologi Terbaru Suction Plate

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 membuat sebagian masyarakat memilih untuk memasak makanan di rumah, alih-alih membeli lewat layanan pesan antar apalagi makan di luar rumah. Tentunya pertimbangan utama adalah makanan yang dimasak sendiri jauh lebih terjaga keamanan dan kebersihannya.

Namun, tak dapat dipungkiri jika memasak di rumah menimbulkan persoalan asap atau uap masakan yang mengganggu. Terlebih jika Anda tinggal di rumah yang sempit atau apartemen dan memasak masakan dengan aroma yang menyengat seperti masakan pedas.

Seluruh ruangan rumah Anda seketika menjadi tidak nyaman lantaran terasa pengap. Belum lagi risiko kesehatan yang harus ditanggung oleh Anda sekeluarga akibat asap masakan.

Pada 2012, sebuah riset dari Universitas Sheffield menyebut bahwa polusi udara di dalam rumah yang berasal dari dapur tiga kali lebih buruk dari polusi kendaraan di jalanan. Di tahun yang sama, Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) juga menyatakan bahwa jumlah kematian akibat polusi dari dapur mencapai 4,3 juta jiwa di seluruh dunia.

Walaupun demikian, Anda tak perlu khawatir untuk memasak di rumah karena perkembangan teknologi membuat aktivitas memasak menjadi jauh lebih aman dan nyaman. Karena ada sungkup udara atau cooker hood menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

Ada dua hal penting yang harus Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli sungkup udara, antara lain sistem kerjanya dan kemampuan menyedot udaranya.

Sungkup udara dengan sistem kerja membuang udara ke luar tentunya jauh lebih baik dibandingkan dengan yang menyaring udara untuk disalurkan kembali ke dalam dapur. Sementara itu, makin kuat kemampuan menyedot sungkup udara tentunya makin baik, akan tetapi konsekuensinya adalah suara yang dihasilkan pastinya lebih bising.

Beberapa waktu lalu, produsen peralatan rumah tangga Fotile meluncurkan produk sungkup udara terbarunya EMS 9028 dengan fitur unggulan yang diklaim tidak dimiliki oleh produk serupa lainnya. Adapun, fitur yang dimaksud adalah filtrasi asap menggunakan suction plate menggantikan filter jaring.

“Fitur tersebut membuat makanan terbebas dari tetesan minyak seperti saat menggunakan filter jaring dan membuat daya hisap menjadi makin kuat. Fitur ini sudah kami patenkan dan hanya bisa ditemukan di produk kami saja,” kata Direktur Fotile Indonesia Sun Ling ketika ditemui oleh Bisnis beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Ling menjelaskan bahwa EMS 9028 juga menghadirkan sejumlah kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya, antara lain mesin silent impeller dengan teknologi Nautilus Air Passageway yang berdaya hisap tinggi namun minim kebisingan serta stir fry mode atau opsi ekstraksi asap dengan daya hisap tinggi saat menggoreng.

Tingkat kebisingan dari sungkup udara dengan material besi nirkarat dan kaca tempered ini tercatat sebesar 57 db dengan daya hisap 1.090 m3/jam.

“Terdapat pula fitur opsi penunda waktu pemadaman fungsi hisap atau delay off function untuk memperpanjang waktu pembuangan asap. Selain itu, yang tak kalah penting adalah desain yang memudahkan perawatan sehari-hari,” tuturnya.

Ling menambahkan Fotile didesain khusus untuk konsumen di Asia, khususnya Indonesia yang gemar memasak makanan dengan bahan-bahan beraroma tajam dan prosesnya menghasilkan asap berlebih. Pihaknya mengaku sudah melakukan riset mendalam bagaimana kebiasaan masyarakat ketika memasak di rumah.

“Produk kami disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat Asia, khususnya Indonesia dengan olahan kulinernya. Kuliner Indonesia pengolahannya lebih rumit dan berat, berbeda dengan Eropa. Asap yang dihasilkan lebih banyak. Produk dari Eropa seringkali tidak mempertimbangkan itu,” tutupnya.

EMS 9028 dibanderol dengan harga Rp8,05 juta. Namun selama periode promosi sampai dengan September 2020, sungkup udara tersebut dapat ditebus hanya dengan Rp4,99 juta. Selain itu, terdapat pula sejumlah paket pembelian dengan peralatan rumah tangga lainnya.

Seluruh produk sungkup udara Fotile mendapatkan garansi 10 tahun untuk motor penghisapnya dan 3 tahun bebas biaya jasa dan penggantian komponen. Kemudian ada pula layanan instalasi yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma.

Seluruh produk Fotile bisa didapatkan di ruang pamer Fotile Indonesia, jaringan ritel modern Mitra10, maupun platform dagang el seperti Lazada, Shoppe, JD.ID, dan Blibli.

Lawan yang sepadan bagi EMS 9028 adalah Modena CX9177. Dijual dengan harga mulai dari Rp10 jutaan di sejumlah platform dagang el. Produk asal Italia ini menghadirkan fitur yang mirip dengan EMS 9028, yakni oil collector.

Oil collector berfungsi menampung uap minyak yang tersedot agar tidak menetes dari filter yang terpasang. CX9177 hadir dengan desain yang minimalis dengan material besi nirkarat dan kaca tempered.

CX9177 memiliki layar LCD yang berfungsi sebagai indikator kecepatan motor penghisap, lampu, dan fitur-fitur lainya. Kekuatan hisap dari sungkup udara ini mencapai 1.600 m3/jam dengan tingkat kebisingan cukup rendah, hanya 53 db saja atau sedikit lebih rendah dibandingkan dengan EMS9028.

Garansi yang diberikan oleh Modena Indonesia untuk produk tersebut selama setahun untuk penggantian komponen maupun biaya jasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dapur memasak gaya hidup
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top