Joko Anwar/Youtube
Entertainment

Joko Anwar Kecewa Soal Postingan Link Film Ilegal, Tjahjo Kumolo Minta Maaf

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Agustus 2020 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sutradara Joko Anwar menyampaikan kekecewaannya terkait kabar adanya seorang menteri yang membagikan tautan film perjuangan di kanal youtube yang ilegal.

Kekecewaan itu disampaikan Joko Anwar lewat akun twitternya. 

"Apakah benar ada seorang menteri @jokowi membagi-bagikan link film-film Indonesia di Youtube yang di-upload secara ilegal?" Tulisnya.

Dia mengatakan jika kabar itu benar, maka dia merasa kecewa dan hilang harapan pemerintah Indonesia serius mendukung atau paham industri kreatif.

Menurut Joko, banyak tautan yang dibagikan di kanal youtube tersebut diunggah secara ilegal tanpa ijin pemilik hak cipta filmnya. Karena itu, dia merasa hak ciptanya telah dilanggar dengan adanya unggahan video tersebut, termasuk penyebaran video-video tersebut.

Apalagi, menurutnya saat ini Indonesia tengah merayakan HUT Kemerdekaan ke 75 tahun, sehingga selayaknya tidak ada  hak siapapun yang bisa diambil, apapun alasannya.

"Gak ada gunanya kita merayakan 75 tahun merdeka kalau mengambil hak orang lain, apapun alasannya. Gak mungkin juga mengedukasi rakyat ttg HAKI kalau pemerintahnya aja gak paham," tegasnya lagi. 

Menanggapi hal itu, Tjahjo Kumolo yang merupakan Menteri yang diduga mengunggah kanal youtube tersebut menyampaikan permintaan maaf. 

Menurut Tjahjo, dia mendapatkan link tersebut dari kiriman whatsapp di ponselnya.

Menurutnya, alasannya membagikan video tersebut karena mengingat hari ini merupakan hari kemerdekaan R, tanpa bermaksud apapun.

Diapun menyampaikan permintaan maafnya dan.menyatakan siap membayar karena kekhilafannya membagikan link tersebut.

Berikut permintaan maaf lengkapnya :

"Yth Bp JokoAnwar Sutradara Film Perjuangan - sy mendpt kiriman WA koleksi film Perj. tsb - mengingat Hari Kemerdekaan RI - saya berbagi saja kpd Group via Twitts - mohon maaf kalau sy salah dan khilaf - kalau sy hrs membayar krn sy berbagi sy siap semampu saya, dmk Trims"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro