Sakit kepala/boldsky.com
Health

Sakit Kepala dan Kelelahan Berlebih Bisa Jadi Gejala Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Senin, 28 September 2020 - 08:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebanyakan orang yang menderita Covid-19 mengalami sakit kepala yang parah, dan kelelahan yang terus-menerus, menurut pernyataan dari penderita Covid-19 di Inggris yang melakukan tes lewat aplikasi Covid-19. 

Lebih dari 80 persen dari semua pasien melaporkan sakit kepala sebagai salah satu gejala pertama mereka, sedangkan 72 persen melaporkan kelelahan.

Semua kelompok umur kemungkinan besar mengalami sakit kepala dan kelelahan, tambah studi tersebut.

Tetapi tiga tanda paling umum dari virus corona adalah demam, batuk, dan kehilangan bau yang  masih merupakan kunci utama dari gejala infeksi tersebut.

"Data kami menunjukkan bahwa gejala awal yang paling umum dialami sebenarnya adalah sakit kepala (82 persen) dan kelelahan (72 persen) - dan ini terjadi pada semua kelompok umur," kata tim yang melakukan survei itu lewat aplikasi Covid di Inggris seperti dikutip dari Express.

"Hanya sembilan persen orang dewasa yang positif COVID berusia 18-65 tahun tidak mengalami sakit kepala atau kelelahan," tambahnya.

Tentu saja, sakit kepala dan kelelahan biasanya terjadi pada kondisi lain, itulah sebabnya mereka umumnya tidak melakukan tes. 

Tetapi, studi itu juga menjelaskan jika sakit kepala sangat umum terjadi, dan belum tentu merupakan indikasi infeksi virus corona.

Mereka biasanya hilang sendiri tanpa memerlukan perawatan tambahan, tetapi minum banyak air dan minum parasetamol dapat membantu meredakan rasa sakit.

Kelelahan, juga dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi medis.

Anda harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan dokter tentang kelelahan Anda jika itu berlangsung lebih lama dari beberapa minggu, dan ketika Anda merasakan kelelahan yang tanpa sebab. Semisal tidak sehabis melakukan aktivitas berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro