Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Masalah Kesehatan yang Muncul Saat Pandemi Corona

Pandemi virus corona (Covid-19) telah menimbulkan dampak kurang baik bagi kesehatan, ketika bekerja di rumah.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 29 September 2020  |  13:20 WIB
Depresi - foodntv
Depresi - foodntv

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona telah mengubah cara manusia dalam menjalani hidup dan gaya hidup baru bisa memengaruhi kesehatan.

Ada beberapa masalah kesehatan tak terduga yang mungkin dihadapi saat bekerja dari rumah. Meskipun banyak orang-orang yang mendambakan bekerja dari rumah, karena tidak harus jalanan macet saat ke kantor dan tidak lelah di jalan.

Faktanya, bekerja dari rumah membuat pekerja malas dan rentan terhadap berbagai penyakit kesehatan. Bekerja dari rumah bisa saat pandemi, bisa membuat perubahan pada kesehatan fisik dan mental.

Apakah Anda merasa lebih stres daripada saat Anda pergi ke kantor? Apakah isolasi perlahan mengambil alih kewarasan Anda? Jika Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda adalah salah satu dari banyak orang yang telah terpengaruh oleh situasi yang tak terhindarkan ini.

Berikut cara masalah kesehatan saat bekerja dari rumah:.

1. Kesendirian

Manusia adalah makhluk sosial. Manusia yang merasa sendiri dan tidak punya kawan akan merasakan perasaan depresi dan sedih.

Penting bagi Anda untuk tetap terhubung dengan seseorang yang Anda kenal dan terlibat dengan orang-orang yang menjaga semangat Anda tetap tinggi.

2. Burnout

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi banyak orang yang bekerja dari rumah merasa sulit untuk mematuhi jadwal yang ditetapkan saat bekerja dari rumah. Betapapun sibuknya pekerjaan Anda, hindari bekerja di luar jam biasanya untuk menghindari stres dan kelelahan.

3. Stres Makan

Selama bekerja di rumah, sebagian orang melampiaskan stres melalui makanan yang dikonsumsinya. Hal ini ditambah juga dengan kurangnya olahraga yang dapat merusak tubuh Anda. Cobalah makan makanan yang sehat, olahraga, dan jaga tingkat stres Anda untuk menghindari komplikasi kesehatan.

4. Penambahan Berat Badan

Duduk dalam waktu lama, tidak berolahraga, dan pilihan diet yang tidak sehat menambah berat badan yang tidak diinginkan, dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Pastikan Anda makan makanan sehat dan berolahraga setidaknya 5 jam setiap minggu. Jangan lupa tidur minimal 7-8 jam sehari.

5. Otot kaku

Duduk dalam posisi yang tidak seimbang dapat menyebabkan otot leher, bahu, lengan, lengan, dan otot terlalu kaku dan menyebabkan nyeri. Penting bagi Anda untuk duduk dalam posisi yang benar dengan siku sekitar 90 derajat saat duduk di depan komputer Anda. Pastikan Anda berdiri dan melakukan peregangan setiap jam untuk menghindari kekakuan, dan minum banyak air agar tetap terhidrasi.

6. Nyeri otot

Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan nyeri pada otot. Penting bagi Anda untuk menyadari posisi tubuh Anda dan duduk dengan punggung tegak dan peregangan setiap jam untuk menghindari komplikasi tersebut.

7. Insomnia

Melihat layar sepanjang hari tanpa harus pergi ke mana dapat menghambat pola tidur Anda dan menyebabkan insomnia. Saat Anda selesai bekerja, jauhkan ponsel, laptop, dan tablet. Setidaknya jauhkan gadget, dua jam sebelum tidur agar tubuh Anda masuk ke mode tidur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sehat tips sehat Virus Corona pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top