Karyawan melakukan aktivitas di pusat perkantoran, kawasan SCBD, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pekan kedua masa pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) transisi, Pemprov DKI Jakarta mulai memperbolehkan karyawan di perkantoran kembali bekerja dengan kapasitas karyawan hanya dibolehkan sebanyak 50 persen dari jumlah karyawan dalam satu ruangan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Health

Cegah Covid-19, Waspada dan Hindari 3 Kondisi Tempat Ini

Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 5 Oktober 2020 - 18:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Adaptasi kebiasaan baru, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak atau 3M menjadi sebuah keniscayaan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Meskipun dianjurkan untuk tetap di rumah, ada kalangan masyarakat yang harus beraktivitas di luar. Satuan Tugas Covid-19 menyarankan beberapa hal bagi warga yang mau tak mau harus keluar rumah. Pasalnya, ada tiga kondisi tempat yang berpotensi menyebarkan virus Covid-19.

"Kita memang harus melakukan Adaptasi Kebiasaan Baru, dengan tetap #DiRumahAja. Namun jika harus keluar rumah, hindari tempat yang ramai, sempit dan/atau tertutup," tulis akun Instagram @satgascovid19.id seperti dikutip, Senin (5/10/2020).

Berikut tiga kondisi tempat yang harus diwaspadai dan dihindari masyarakat. Pertama, tempat ramai dan lokasi yang penuh orang, posisi berdekatan, dan tidak jaga jarak.

Kedua, tempat sempit terutama ketika orang sedang ramai berbincang dalam jarak dekat.

Ketiga, tempat tertutup semisal di dalam ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara buruk.

Tingkat risiko akan lebih tinggi apabila suatu tempat memiliki kombinasi dari tiga kondisi tersebut. Karena itu, selalu pertimbangkan kemana Anda akan pergi.

"Bila tidak perlu atau esensial, utamakan bekerja, belajar, atau beribadah #DiRumahAja. Ayo bersama putuskan rantai penyebaran Covid-19," tulis @satgascovid19.id.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memakai masker ketika bepergian atau beraktivitas ke luar rumah. Pilihlah masker kain yang memiliki 3 lapisan agar saluran pernapasan Anda terbebas dari droplet virus Corona.

Tak lupa, selalu cuci tangan dan menjaga jarak ketika menyentuh atau bertemu orang lain, ya Sobat Bisnis!


#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro