Pesta pernikahan di Bali/Istimewa
Fashion

Tips Menghadiri Acara di Masa Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 10 Oktober 2020 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di masa pandemi corona, masyarakat sebenarnya diimbau untuk tidak menggelar acara yang mengumpulkan banyak orang.

Akan tetapi ada beberapa masyarakat yang mungkin masih tetap menggelarnya. Seperti misalnya acara pernikahan, acara khusus yang tidak bisa dilewatkan lainnya.

Jika Anda terpaksa mengikuti acara yang akan diikuti oleh cukup banyak orang, ada beberapa hal penting yang harus Anda jalankan agar tidak tertular virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyebutkan acara selama pandemi COVID-19, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya, harus bergantung pada pendekatan berbasis risiko.

WHO telah memberikan panduan tentang bagaimana pendekatan berbasis risiko seperti itu dapat diambil. Tindakan pencegahan yang harus dipertimbangkan termasuk tindakan untuk mencegah penularan antar orang, dan di mana harus mengadakan tempat dan bagaimana hal itu dapat dimodifikasi untuk membuat lingkungan yang lebih aman.

Membatalkan acara yang direncanakan adalah pilihan yang harus selalu dipertimbangkan, terutama jika terjadi acara yang tidak penting atau saat tindakan pencegahan tidak dapat diterapkan atau dikomunikasikan secara memadai. Namun, jika Anda terpaksa menghadiri acara undangan tersebut, berikut panduan yang harus Anda patuhi:

1. Selalu periksa peraturan setempat sebelum menghadiri suatu acara.

2. Tinggallah di rumah jika Anda merasa tidak enak badan.

3. Selalu patuhi 3 tindakan pencegahan dasar berikut:

a. Pertahankan jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan kenakan masker jika Anda tidak dapat menjamin jarak ini.
b. Tutupi bersin atau batuk dengan tisu atau siku yang tertekuk, dan segera buang tisu ke dalam wadah yang tertutup rapat. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.
c. Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air, atau dengan pembersih tangan.

Jika Anda yang menggelar acara, ini pedoman yang harus dijalankan 

1. Selalu periksa pedoman lokal sebelum merencanakan acara Anda.

2. Beri tahu tamu tentang tindakan pencegahan sebelum acara dimulai

3. Selama acara berlangsung, ingatkan para tamu tentang tindakan pencegahan ini dan pastikan diikuti.

4. Pilih tempat luar ruangan daripada ruangan dalam ruangan, namun jika di dalam ruangan, pastikan area tersebut berventilasi baik.

5. Minimalkan kerumunan dengan memberi nomor entri, menentukan kursi atau meja, dan menandai lantai untuk memastikan jarak fisik antara orang-orang setidaknya satu meter.

6. Sediakan semua perlengkapan yang diperlukan seperti alat kebersihan tangan, pembersih tangan atau sabun dan air, tisu, tempat sampah tertutup, penanda jarak, masker.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro