Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

China Temukan Ikan Beku Terpapar Virus Corona

Kesimpulan itu datang ketika Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mendeteksi dan mengisolasi virus corona hidup pada kemasan luar dari ikan cod beku
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  08:44 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas pengendalian penyakit China mengatakan bahwa ada kontaminasi virus corona baru dalam makanan beku.

Kesimpulan itu datang ketika Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China mendeteksi dan mengisolasi virus corona hidup pada kemasan luar dari ikan cod beku selama upaya untuk melacak virus dalam wabah yang dilaporkan minggu lalu di kota Qingdao, kata badan itu di lamannya.

Penemuan itu, yang pertama di dunia, menunjukkan kemungkinan virus ditularkan melalui barang beku, katanya.

Dua pekerja dermaga di Qingdao yang awalnya didiagnosis sebagai pasien infeksi tanpa gejala pada bulan September membawa virus itu ke rumah sakit selama karantina. Karena disinfeksi dan perlindungan yang tidak memadai, ads 12 orang lain terinfeksi di rumah sakit tersebut.

Namun, pernyataan terbaru CDC tidak menunjukkan bukti kuat bahwa dua pekerja di Qingdao tertular virus dari kemasan secara langsung, bukannya tertular virus dari tempat lain dan kemudian mencemari kemasan makanan yang mereka tangani, kata Jin Dong-Yan, seorang ahli virologi.  profesor di Universitas Hong Kong.

CDC mengatakan tidak ada contoh yang ditemukan tentang konsumen yang tertular virus dengan melakukan kontak dengan makanan beku dan risiko terjadinya hal ini tetap sangat rendah.

Meskipun demikian, disarankan agar pekerja yang menangani, memproses, dan menjual produk beku harus menghindari kontak langsung kulit dengan produk yang mungkin dapat tercemar.

Staf tidak boleh menyentuh mulut atau hidung mereka sebelum melepas pakaian kerja yang mungkin terkontaminasi tanpa mencuci tangan mereka dan harus melakukan tes secara teratur, kata badan tersebut.

Sebelum temuan terbaru CDC, jejak genetik virus telah ditemukan dalam beberapa sampel yang diambil dari makanan beku atau kemasan makanan, tetapi jumlah virusnya rendah dan tidak ada virus hidup yang diisolasi, kata badan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Makanan Beku
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top