Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peneliti di Inggris Klaim Sampo Bayi Efektif 99,9 Persen Basmi Covid-19

Pemimpin studi Profesor Craig Meyers mengklaim obat kumur dan sampo bayi tertentu memiliki kemampuan untuk menonaktifkan virus tersebut. “Sementara kami menunggu vaksin dikembangkan, metode untuk mengurangi penularan diperlukan.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  12:48 WIB
Ilustrasi bayi
Ilustrasi bayi

Bisnis.com, JAKARTA - Mengenakan masker, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak aman adalah tiga cara efektif untuk melindungi diri dari virus corona. Tetapi para peneliti dari Penn State College of Medicine menemukan cara baru perlindungan Covid-19. 

Pemimpin studi Profesor Craig Meyers mengklaim obat kumur dan sampo bayi tertentu memiliki kemampuan untuk menonaktifkan virus tersebut. “Sementara kami menunggu vaksin dikembangkan, metode untuk mengurangi penularan diperlukan. Produk yang kami uji sudah tersedia dan sering kali menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari orang," ujarnya seperti dilansir dari Express UK, Rabu (21/10/2020). 

Para peneliti menguji beberapa perlindungan sehari-hari, termasuk larutan sampo bayi 1 persen, pembersih mulut peroksida, dan obat kumur. Setiap produk dibiarkan berinteraksi dengan virus selama 30 detik, satu menit, dan dua menit, sebelum diencerkan.

Hasil penelitian menunjukkan larutan sampo bayi 1 persen, yang sering digunakan untuk membilas sinus, menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus setelah dua menit. Sementara beberapa produk obat kumur terbukti menonaktifkan lebih dari 99,9 persen virus hanya dalam 30 detik.

Meyers mengatakan orang yang dites positif Covid-19 dan kembali ke rumah untuk karantina mungkin dapat menularkan virus ke orang yang tinggal bersamanya. Profesi tertentu termasuk dokter gigi dan pekerja perawatan kesehatan lainnya selalu berisiko terpapar. 

Oleh karena itu uji klinis ini menurutnya diperlukan untuk menentukan apakah produk tersebut dapat mengurangi jumlah pasien positif virus atau mereka dengan pekerjaan berisiko tinggi dapat menyebar saat berbicara, batuk, atau bersin. "Bahkan jika penggunaan solusi ini dapat mengurangi transmisi hingga 50 persen, itu akan berdampak besar," tegasnya.

Meski temuan penelitian cukup menjanjikan, sampo bayi dan obat kumur saat ini tidak direkomendasikan oleh NHS untuk melindungi dari virus corona. Badan kesehatan itu  merekomendasikan menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun atau membersihkannya dengan hand sanitizer, menggunakan masker, serta menghindari tangan untuk menyentuh area muka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shampo Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top