Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Faktor Penentu Tidur Sehat dan Berkualitas

Tidur yang sehat dan berkualitas sangat menentukan kondisi kesehatan manusia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  20:54 WIB
Tidur dengan kipas angin - Istimewa
Tidur dengan kipas angin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Masa pandemi virus corona (Covid-19) membawa perubahan terhadap perilaku, gaya hidup dan kebiasaan di tengah masyarakat.

Pembatasan jarak sosial otomatis juga membatasi mobilitas untuk berpergian. Alhasil rumah pun menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas mulai dari sekolah, bekerja, bermain, berolahraga serta beristirahat.

Dari berbagai kegiatan yang dilakukan di rumah, tidur tercatat memiliki durasi terpanjang. Normalnya orang dewasa membutuhkan 8 jam lamanya untuk tidur setiap harinya.

Oleh sebab itu penting untuk mengutamakan faktor kenyamanan agar kebutuhan tidur berkualitas selama masa pandemi terpenuhi. Tidur yang berkualitas tentunya efektif meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari paparan virus.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan dari sebuah tempat tidur adalah suhu permukaan matras. Menurut survei dari GfK Satisfaction Study, 2015, ada 29 persen konsumen menyebutkan bahwa suhu merupakan masalah utama mereka saat tidur.

Suhu juga berpengaruh signifikan terhadap ketenangan tidur, lebih cepat tertidur, kepuasan tidur dan kecukupan waktu tidur menurut The Effects of High-Temperature Weather on Human Sleep Quality and Appetite, Int J Environ Res Public Health, 2019. Sebagai negara dengan iklim tropis, suhu Negara Indonesia terbilang panas. Matras dengan permukaan yang memberikan rasa sejuk tentunya sangat cocok bagi konsumen Indonesia.

Chandra Kumala, Research & Development Head of PT DAP mengatakan, dalam membaca dinamika dan menjawab kebutuhan, pihaknya bekerjasama dengan Serta® meluncurkan koleksi matras terbaru, Serta® Perfect Sleeper® Collection. Koleksi ini terdiri dari Alpine® dan Andes® dan kedua koleksi terbaru tersebut dilengkapi teknologi Cool Fiber dan Viro Safe Technology.

Cool Fiber Technology merupakan teknologi dingin terbaru di produk Serta® yang menggunakan benang khusus sehingga memberikan efek cooling dan membuat tidur lebih nyaman. Baik Alpine® maupun Andes® dari Perfect Sleeper® menawarkan keunggulan masing-masing berdasarkan design, tingkat kenyaman, ukuran tinggi matras dan ‘feel’ yang dipilih sesuai kebutuhan konsumen.

Matras Alpine® memiliki design pillow top sedangkan Andes® dirancang mengarah ke design euro top. Untuk ukuran tinggi, Alpine® memiliki tinggi 35 cm dan Andes® dengan tinggi 32 cm. Khusus matras Alpine® dilengkapi dengan pulse latex yang merupakan teknologi terbaru dari latex yang memiliki beberapa keunggulan antara lain sirkulasi udara yang lebih maksimal, lebih lentur, bahan yang memiliki daya tarik maksimal serta lebih tahan lama dibandingkan dengan latex biasa.

Selain kenyamanan, faktor kesehatan juga menjadi penentu tidur berkualitas. Teknologi terbaru Viro Safe Technology pada koleksi Serta® Perfect Sleeper® mampu mengurangi aktivitas bakteri dan virus hingga 99 persen, termasuk virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19. Inovasi ini sudah melalui uji klinis dan terbukti efektif mengurangi aktivitas bakteri dan virus pada matras.

“Benda yang kita gunakan sehari-hari seperti matras, sprei dan sarung bantal sering luput diperhitungkan sebagai sarang virus, apalagi seperti SARS COV-2 yang mampu menyebar melalui udara. Kegiatan membersihkan secara berkala misalnya seminggu sekali sebenarnya mampu mengindari paparan virus. Namun ada baiknya memiliki matras berkualitas yang mampu mengurangi aktivitas perkembangbiakan virus dan bakteri,” ujar Chandra dalam siaran pers, Kamis (22/10/2020).

Aria Hermawan, Sales & Marketing Director PT DAP menambahkan, peluncuran ini tetap dilakukan di saat pandemi karena potensi pasar industri bedding di Indonesia pastinya masih sangat baik, apalagi konsumen masa kini semakin peduli dengan kesehatan.

“Koleksi terbaru Perfect Sleeper® ini merupakan inovasi matras tempat tidur pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan teknologi Cool Fiber dan Viro Safe untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Aria.

Dia pun menambahkan, berbeda dengan matras mainstream yang berwarna putih, Serta® Perfect Sleeper didesain elegan dengan warna dark yang juga menjadi trend matras berwarna dunia dan disukai oleh konsumen. Matras Alpine® dan Andes® dari Serta® Perfect Sleeper merupakan limited collection karena hanya ada di channel retail dan butik Sleep & Co.

Aspek hygienitas tidak hanya diberlakukan pada inovasi produk, DAP menggunakan teknologi UV sebelum produk dikemas sehingga memastikan produk tetap steril hingga ke tangan konsumen. Transporter atau kurir yang mengantar pun juga disemprotkan cairan desinfektan sebelum melakukan pengiriman produk.

Dia menyebut, produk tersebut sudah dilengkapi dengan protokol kesehatan yang sesuai aturan pemerintah untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen Indonesia terutama di masa pandemi seperti ini.

“Kami berharap dengan adanya koleksi Perfect Sleeper® dari Serta® dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan matras tempat tidur yang nyaman dan aman,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tidur
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top