Ilustrasi tubuh pendek
Health

Penyebab Orang Bertubuh Pendek Susah Turunkan Berat Badan

Krizia Putri Kinanti
Jumat, 23 Oktober 2020 - 21:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menurunkan berat badan adalah proses yang sangat memakan waktu, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, dan kebiasaan gaya hidup. Itulah mengapa tidak semua diet dan olahraga cocok untuk semua.

Apa yang menurut teman Anda efektif dan berguna dalam menurunkan berat badan, mungkin tidak berhasil untuk Anda. Tapi ada satu hal lagi yang menentukan proses penurunan berat badan Anda: tinggi badan Anda. Itu mungkin mengejutkan banyak orang, tetapi itu benar. Untuk orang yang lebih pendek, menurunkan berat badan jauh lebih sulit daripada orang yang lebih tinggi.

Jika Anda dan sahabat Anda memiliki berat yang sama, ikuti diet yang sama dan ikuti rutinitas olahraga yang sama, jika Anda lebih pendek akan membutuhkan lebih banyak waktu bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Alasannya adalah tubuh yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit energi sehingga membakar lebih sedikit kalori.

Orang dengan tinggi badan pendek secara alami memiliki massa lemak yang lebih sedikit. Massa tanpa lemak meliputi jaringan, otot, organ, tulang, jaringan ikat. Jumlah kalori yang Anda bakar dengan aktivitas fisik yang berbeda bergantung pada jumlah massa tanpa lemak dalam tubuh Anda. Massa otot tanpa lemak memengaruhi tingkat metabolisme basal (BMR) kita, yang menentukan berapa banyak kalori yang dibakar tubuh saat istirahat.

Lebih banyak otot tanpa lemak berarti BMR lebih tinggi dan penurunan berat badan lebih cepat. Selain itu, orang pendek juga memiliki otot yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang lebih tinggi.

Dikutip dari Times of India, Jumat (23/10/2020), Kedua faktor ini menyulitkan orang yang bertubuh pendek untuk menurunkan berat badan lebih cepat daripada mereka yang lebih tinggi.

Mungkin sulit bagi orang yang bertubuh pendek untuk menurunkan berat badan, tetapi mengikuti beberapa aturan sederhana, Anda dapat mempermudah perjalanan diet ini.

1.Makan lebih sedikit

Orang pendek membakar lebih sedikit kalori, sehingga mereka perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Anda dan teman Anda yang lebih tinggi tidak dapat memiliki jumlah kalori yang sama. Makan hanya sesuai kebutuhan Anda. Jangan berlebihan dan jangan memanjakan diri dengan makanan yang tidak sehat.

2.Angkat beban

Untuk orang yang lebih pendek, latihan kekuatan sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Angkat beban sebenarnya membantu menambah massa otot, yang pada akhirnya dapat membakar lebih banyak kalori.

3.Tambahkan lebih banyak protein ke makanan

Asupan protein penting bagi orang yang mencoba mengurangi berat badan. Protein adalah bahan pembangun sel dan penting untuk pemulihan otot yang sakit. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan asupan mikronutrien Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro