Virus hepatitis A/webmd
Health

Vaksin Covid-19 Dinilai Instan, Ini Lama Waktu Pembuatan Vaksin Sepanjang Sejarah

Desyinta Nuraini
Selasa, 3 November 2020 - 17:08
Bagikan

Hepatitis B dan HPV

11. Hepatitis B

Hepatitis B adalah virus yang lebih baru, dan ditemukan oleh Dr. Baruch Blumberg pada 1965. Hanya empat tahun kemudian, dia menciptakan vaksin hepatitis B pertama menggunakan bentuk virus yang diolah dengan panas.

Dua belas tahun kemudian, pada 1981, FDA menyetujui vaksinasi hepatitis B pertama yang tersedia secara komersial, yang melibatkan sampel darah dari donor yang terinfeksi. Kemudian, pada 1986, vaksin baru yang dibuat secara sintetis yang tidak menggunakan produk darah menggantikan model aslinya. Karena Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati, vaksin tersebut juga dianggap sebagai vaksin anti kanker pertama.

12. Human papillomavirus (HPV)

Human papillomavirus (HPV) adalah penyakit menular seksual yang paling umum di AS, dan penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen wanita akan tertular virus di beberapa titik dalam hidup mereka.

Dua jenis HPV diperkirakan menyebabkan hingga 70 persen kanker serviks, yang dapat mengakibatkan ratusan ribu kematian setiap tahun. Hubungan antara HPV dan kanker serviks pertama kali dibuat pada 1981, dan lebih dari dua dekade penelitian dilakukan sebelum vaksin yang layak masuk ke pasar.

Vaksin HPV pertama dikembangkan di AS pada tahun 2006, dan penelitian selanjutnya mengarah pada pengembangan dua vaksin lagi sejak saat itu. Saat ini, rekomendasi tentang jenis vaksin yang akan didapat sangat bergantung pada usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro