Cerpelai
Health

Mutasi Strain Virus Corona Ditemukan, Denmark Akan Musnahkan 17 Juta Ekor Cerpelai

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 5 November 2020 - 07:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 17 juta cerpelai akan dimusnahkan di Denmark setelah versi mutasi dari virus korona yang dapat menyebar ke manusia terdeteksi di peternakan cerpelai.

Perdana Menteri Mette Frederiksen mengatakan virus yang bermutasi itu menimbulkan "risiko efektivitas" dari vaksin Covid-19 di masa depan.

Untuk diketahui, Denmark adalah produsen bulu cerpelai terbesar di dunia. Polisi mengatakan pemusnahan harus dilakukan secepat mungkin.

Kasus virus corona telah terdeteksi di peternakan cerpelai di wilayah Jutland utara Denmark, dan di bagian lain Eropa, selama beberapa bulan.

Tetapi kasus menyebar dengan cepat di Denmark, dan lima kasus strain virus baru ditemukan di peternakan cerpelai. Dua belas orang telah terinfeksi, kata pihak berwenang.

Perdana Menteri Frederiksen menggambarkan situasinya sebagai "sangat, sangat serius".

Dia mengutip laporan pemerintah yang mengatakan virus yang bermutasi telah ditemukan melemahkan kemampuan tubuh untuk membentuk antibodi, yang berpotensi membuat vaksin yang sedang dikembangkan untuk Covid-19 tidak efektif.

"Kami memiliki tanggung jawab besar terhadap populasi kami sendiri, tetapi dengan mutasi yang sekarang telah ditemukan, kami memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk seluruh dunia juga," katanya dalam konferensi pers.

Mink di lebih dari 1.000 peternakan harus dimusnahkan. Kepala Polisi Thorkild Fogde mengatakan itu akan menjadi "usaha yang sangat besar".

Spanyol memusnahkan 100.000 cerpelai pada Juli setelah kasus terdeteksi di sebuah peternakan di provinsi Aragón, dan puluhan ribu hewan disembelih di Belanda menyusul wabah di peternakan di sana.

Penelitian sedang dilakukan untuk mencari tahu bagaimana dan mengapa cerpelai dapat menangkap dan menyebarkan infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro