Apel/nutritionchekcup.com
Fashion

5 Karbohidrat yang Wajib Dikonsumsi untuk Turunkan Berat Badan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 9 November 2020 - 17:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika seseorang memutuskan untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang mereka lakukan adalah menghilangkan karbohidrat dari makanannya.

Karbohidrat telah mendapatkan reputasi buruk, terutama dalam hal penurunan berat badan.

Tetapi semua klaim ini tidak benar. Beberapa makanan berkarbohidrat tinggi sebenarnya bagus untuk menurunkan berat badan. Anda membutuhkan karbohidrat ini untuk memberi tenaga pada otak Anda, mendorong latihan Anda dan mendapatkan serat yang sehat untuk pencernaan yang lancar.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, berikut adalah lima makanan kaya karbohidrat yang harus Anda masukkan ke dalam diet penurunan berat badan.

1. Roti gandum utuh

Sebuah analisis penelitian besar dari 12 studi mengungkapkan bahwa semakin banyak orang makan biji-bijian, termasuk roti gandum, semakin rendah BMI yang mereka miliki.

Terutama saat mengikuti diet Mediterania, makan roti gandum dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan lemak perut.

Untuk membuat roti Anda lebih sehat, Anda bisa menambahkan banyak sayuran di dalamnya.

2. Nasi merah

Siapa bilang Anda harus berhenti makan nasi untuk menurunkan berat badan? Anda dapat memilih nasi merah daripada nasi putih sambil mencoba menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian terhadap 430 orang Jepang menemukan bahwa mengonsumsi nasi putih menyebabkan penambahan berat badan sementara makan nasi merah memiliki efek sebaliknya.

Orang yang makan nasi putih selama setahun mengalami kenaikan berat badan yang cukup besar. Sedangkan orang yang makan nasi merah (berapapun jumlahnya) tidak memiliki resiko tersebut. Beras merah kaya akan serat, yang menjadikannya pilihan yang tepat untuk pengamat berat badan.

3. Oat

Daripada makan sereal manis, pilihlah gandum kuno yang enak. Oat adalah gandum utuh. Dan bagian terbaik dari oat adalah Anda bisa membuatnya manis atau asin sesuai pilihan Anda.

Cobalah tetap menggunakan oat nabati (yang asin), karena tambahan gula tidak baik untuk menurunkan berat badan.

4. Apel

Kita semua pernah mendengar pepatah, "Sebuah apel sehari, jauhkan dokter". Apel sangat melembabkan dan merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Apel memiliki 86 persen air, yang membantu Anda tetap terhidrasi dan meningkatkan metabolisme Anda.

Ia juga memiliki kualitas prebiotik, yang merupakan suguhan bagi usus Anda.

5. Ubi jalar

Biasa disebut sebagai Shakarkand, ubi jalar bisa menjadi bagian dari diet penurunan berat badan yang sehat. Ini lebih rendah kalori, karbohidrat dan tinggi serat dibandingkan dengan kentang putih.

Mereka juga tinggi mikronutrien, termasuk kalium yang pasti Anda butuhkan untuk hasil penurunan berat badan yang sukses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro