Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Wawancara Kerja Lewat Panggilan Video Selama Pandemi

Pakaian bisnis formal masih menjadi pilihan yang disukai karena wawancara daring sama seperti wawancara lain yang Anda hadiri secara langsung.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 16 November 2020  |  20:10 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Sekarang konferensi video dari rumah telah menggantikan banyak kontak tatap muka, cara kita berkomunikasi terpengaruh - dari mengadakan rapat hingga, jika Anda berencana memasuki dunia kerja, cara kami melakukan wawancara kerja.

Meskipun teknologi telah memberi kita kemudahan, hal itu juga menimbulkan beberapa tantangan nyata - dan tidak ada situasi profesional yang lebih terbukti daripada saat Anda mencari pekerjaan.

Selama rapat di mana Anda akan dinilai kepribadian Anda dan bagaimana Anda menampilkan diri, menjadi lebih penting bahwa semuanya berjalan semulus yang dapat dikelola.

Kini, karena harus diadakan secara online dari rumah, potensi terjadinya serbuan lebih tinggi hanya karena kecenderungan kandidat untuk mengabaikan formalitas tertentu yang sebenarnya masih sangat penting.

Pakaian bisnis formal masih menjadi pilihan yang disukai karena wawancara daring sama seperti wawancara lain yang Anda hadiri secara langsung.

Apakah dapat diterima untuk berpakaian lebih santai untuk wawancara kerja daring daripada untuk wawancara yang Anda hadiri secara langsung?

Apakah Anda melakukan cukup banyak hal tentang lingkungan konferensi video Anda untuk memastikan bahwa Anda memproyeksikan citra profesional?

Melansir CNA Lifestyle pada Senin (16/11/2020), berikut adalah saran seorang profesional perekrutan tentang cara tampil terbaik saat wawancara daring.

Berdandan Layaknya Wawancara Normal

Miya Toh, seorang konsultan utama dari perusahaan perekrutan Robert Walters, menyarankan para kandidat untuk berdandan persis seperti jika mereka menghadiri wawancara tatap muka biasa karena ini akan membantu mereka dalam mode wawancara yang tepat.

“Pakaian bisnis formal masih menjadi pilihan yang disukai karena wawancara online sama seperti wawancara lain yang Anda hadiri secara langsung - kesan pertama yang terpenting. Pakaian Anda menunjukkan seberapa serius Anda tentang pekerjaan itu, ”katanya.

Meskipun Anda harus berasumsi bahwa pakaian kasual tidak pernah dapat diterima, masuk akal untuk mencari tahu apa arti formal bagi perusahaan atau industri yang Anda wawancarai karena hal itu dapat bervariasi di berbagai budaya kerja.

“Kode berpakaian cenderung sedikit diturunkan dengan perusahaan rintisan atau teknologi. Saya selalu menyarankan kepada kandidat untuk melakukan riset tentang perusahaan dan budaya sebelum memilih pakaian mereka untuk wawancara yang mereka hadiri, ”kata Toh.

Jangan Berpenampilan yang Tidak Pas

Toh juga menunjukkan beberapa kesalahan berpakaian dan dandanan umum yang dilakukan kandidat selama wawancara daring seperti mengenakan pakaian yang terlalu kasual atau tidak pas; lalai menyetrika pakaian mereka dengan benar; dan menghadiri wawancara atau mungkin baru selesai mandi dengan rambut basah.

1 dari 4 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wawancara Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top