HIV/jewishbusinessnews
Health

Ini yang harus Dilakukan Penderita HIV Selama Pandemi Corona

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 1 Desember 2020 - 10:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penderita HIV/AIDS  adalah salah satu yang terdampak pandemi ini. Mulai dari penegakan diagnosis hingga terapi.

Permasalahan yang dihadapi adalah akses terhadap obat HIV yang harus terus dikonsumsi dan kontrol pasien HIV. Deteksi dini terhadap komplikasi bisa tertunda karena pasien dengan HIV takut untuk kontrol karena risiko tertular Covid-19. Selain itu, pasien HIV dengan penyakit komorbid atau usia tua lebih rentan terkena komplikasi yang lebih berat.

Dokter spesialis penyakit dalam, Decsa Medika mengatakan bahwa dari beberapa penelitian yang terbatas menunjukkan bahwa penderita HIV relatif sama dengan orang yang tidak HIV dakan risiko terkena Covid-19. Namun perlu diingat penelitian ini masih berjalan dan hingga saat ini belum ada bukti yang cukup kuat bahwa pasien dengan HIV lebih rentan terkena Covid-19.

“Jadi sebetulnya untuk saat ini, selama penderita HIV sehat, tidak ada keluhan, patuh akan pengobatan. Risiko untuk terkena Covid-19 sebetulnya relatif sama. Namun harus tetap waspada,” ujarnya dalam webinar Seri Penyakit HIV dalam memperingati Hari AIDS, Selasa (1/12/2020).

WHO dan CDC tetap menyarankan penderita HIV untuk terus melakukan pengobatannya. Jadi obat yang sudah didapat sebelum pandemi tetap dilanjutkan. Jangan menghentikan obat ARV atas inisiasi sendiri. Komunikasi dan konsultasikan dengan dokter Anda terkait regulasi dalam kontrol dan obat ARV.

Gejala darurat yang perlu diwaspadai penderita HIV adalah demam, sesak nafas, penurunan kesadaran, tidak mau makan, lemas, batuk, kejang. Jika ada gejala ini maka disarankan untuk segera ke rumah sakit terdekat.

“Jangan menunda karena takut terkena Covid-19, jika telat maka penanganannya akan lebih sulit sehingga dapat menyebabkan kegawatan hingga kematian,” katanya.
Selain itu, yang perlu dilakukan penderita HIV untuk mencegah terkena Covid-19 adalah dengan menggunakan masker 3 lapis medis atau kain, cuci tangan secara rutin, jaga kebersihan, jangan menyentuh wajah, sebaiknya di rumah saja dan jaga jarak.

Jikapun harus keluar rumah, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, hindari menyentuh benda di rumah sakit dan mempertimbangkan selalu ventilasi, durasi dan jarak.

Yang harus dilakukan penderita HIV untuk menjaga kesehatan adalah tidur minimal 8 jam, makan makanan yang bergizi dan kurangi stress.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro