Warga berolahraga di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Fashion

Ini Olahraga yang Tepat Untuk Kesehatan Jantung

Desyinta Nuraini
Selasa, 8 Desember 2020 - 11:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jantung sehat bisa dilakukan dengan berolahraga. Namun tidak bisa asal untuk mendapat hasil yang maksimal.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto mengatakan olahraga yang tepat untuk kesehatan jantung bilamana kita menurunkan berat badan, membakar kalori, dan juga lemak di dalam tubuh.

"Yang mampu memberikan hasil seperti itu, olahraga bersifat aerobik, jalan cepat, jogging bukan lari sprint, bukan latihan beban," ujarnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Olahraga untuk kesehatan jantung dinyatakan berhasil jika tensi darah yang sebelumnya tinggi menjadi stabil, atau apabila sebelumnya kolesterolnya tinggi menjadi terkontrol. Begitu pula dengan gula darah. "Karena diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dapat memperberat kondisi jantung. Parameter tadi harus membaik," jelasnya.

Oleh karena itu kata Michael olahraga yang maksimal untuk kesehatan jantung harus memiliki intensitas dari ringan hingga sedang, dengan frekuensi 3-5 kali seminggu, dan durasi 150 menit per minggu.

Sebelum berolahraga juga disarankan untuk makan terlebih dahulu. Sebab dari berolahraga adalah membakar lemak. "Kalau tidak makan dulu, kita akan menghabiskan cadangan gula di hati dan di darah, setelah olahraga kita lapar berat dan makan jadi banyak," jelasnya.

Michael menambahkan berkeringat juga bukan menjadi parameter dalam berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro