Sejumlah pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 melakukan aktivitas belajar di dalam ruangan sekolah dengan memakai masker, di Palembang, Sumsel. Selasa (15/9/2015). Untuk menghindari penyakit Infeksi Penyaluran Atas (ISPA) pemerintah propinsi mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah./Antara
Health

Penggunaan Masker di Rumah Kurangi Kemungkinan Penularan Covid-19

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 17 Desember 2020 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkan kalian mendengar pertanyaan seperti bagaimana kemungkinan tertularnya keluarga besar dari satu atau dua anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19?

Dokter umum lulusan Universitas Indonesia, Adam Prabata mengatakan bahwa keluarga atau rumah tangga merupakan situasi penularan Covid-19 berisiko tinggi karena kemungkinan terjadi kontak erat tinggi yakni durasi kontak lama dan frekuensi kontak sering.

“Kemungkinan menulari orang serumah 16,6%. Kemungkinan penularan pada anggota keluarga dari pasien Covid-19 yang bergejala sebesar 28% dan kemungkinan penularan pada anggota keluarga dari pasien Covid-19 yang tidak bergejala sebesar 0,7%,” ujarnya dikutip dari Instagramnya @adamprabata, Kamis (17/12/2020).

Orang rumah yang lebih berisiko tertular oleh pasien Covid-19 adalah orang dewasa sebesar 28,3%, anak-anak sebesar 16,8%, pasangan sebesar 37,8% dan anggota keluarga lain 17,8%.

Penggunaan masker oleh pasien Covid-19 dan keluarganya yang tinggal serumah sejak sebelum pasien bergejala menurunkan risiko tertular Covid-19 sebesar 79%.

“Kesimpulannya adalah keluarga atau rumah tangga merupakan situasi dimana penularan Covid-19 berisiko tinggi karena durasi kontak lama dan frekuensi kontak sering. Menggunakan masker ketika kontak dengan keluarga bahkan sejak sebelum bergejala dapat menurunkan risiko tertular Covid-19 di keluarga,” katanya.

Selain itu, protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak harus dijalankan demi mengurangi penularan baik itu orang serumah maupun di luar rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro