Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Agar Bayi Cepat Berbicara

Bayi bisa saja mengoceh, tetapi dia mencoba berkomunikasi dengan Anda dalam bahasanya sendiri.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  18:36 WIB
Bayi bisa cepat berbicara bila orang tua sering mengajak komunikasi - Time of India
Bayi bisa cepat berbicara bila orang tua sering mengajak komunikasi - Time of India

Bisnis.com, JAKARTA -- Sangat menyenangkan bagi orang tua untuk melihat bayi mereka mengucapkan kata-kata pertama mereka! Namun, jauh sebelum bayi mulai berbicara, mereka mengenal berbagai suara atau celotehan dan celoteh. Tapi pertanyaan kapan bayi bisa bayi mulai mengucapkan kata-kata seperti 'Mama dan' Papa ', mungkin muncul di benak banyak orang tua.

Dikutip dari Pinkvilla.com, Senin (28/12/2020), Nah, jika Anda bertanya-tanya kapan bayi mengucapkan mama atau dada dan tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang topik ini, Anda bisa simak artikel satu ini:

Pada Usia Berapa Bayi Mengatakan 'Mama' dan 'Papa'?

Kita semua tahu pasti bahwa semua bayi dapat mencapai tonggak yang berbeda pada waktu yang berbeda, dan hal yang sama juga berlaku dalam kasus ini. Namun, pada usia sekitar tujuh bulan, munchkin Anda mungkin mulai mengeluarkan suara seperti 'mamamama' atau 'papapapa', tetapi ini lebih merupakan suara ocehan daripada kata-kata yang sebenarnya. Pada usia sekitar sembilan bulan, bayi Anda mungkin mulai mengucapkan kata-kata yang sebenarnya.

Apa yang Akan Dikatakan Pertama Bayi Anda- 'Mama' atau 'Papa'?

Sebagai seorang ibu, Anda mungkin ingin bayi Anda mengucapkan 'Mama' terlebih dahulu, tetapi pasangan Anda mungkin diam-diam berharap kata pertama bayi Anda adalah 'Papa'. Nah, biasanya orang sering beranggapan bahwa kata pertama bayi adalah 'papa' karena bunyi 'pa' lebih mudah dibuat daripada bunyi 'ma'.

Namun, mungkin bukan itu masalahnya; sebaliknya, beberapa bayi mungkin lebih tertarik untuk mengucapkan suara 'ma'. Jadi, kemungkinan bayi Anda mengatakan 'papa' atau 'mama' mungkin tergantung pada suara apa yang dikuncinya, yaitu jika bayi menempel pada 'pa', maka ia mungkin mengatakan 'papa' terlebih dahulu dan sebaliknya.

Selain itu, pengasuh utama mungkin memiliki keunggulan dibandingkan yang lain, yang berarti jika ibu menghabiskan lebih banyak waktu dengan bayinya, bayi mungkin akan mengatakan 'mama' terlebih dahulu, dan inilah mengapa kebanyakan bayi biasanya mengatakan mama!

Anda tidak boleh terburu-buru dengan pencapaian bayi Anda, namun, jika Anda merasa kemampuan bahasa bayi Anda mungkin tidak berkembang sesuai dengan jangka waktu yang diharapkan, berikut beberapa tip yang dapat membantu bayi Anda mengembangkan keterampilan bahasa yang baik:

1. Bekerja Dengan Indra

Mengulangi 'mama' atau 'papa' berulang kali adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong bayi Anda mengucapkan kata-kata ini. Namun, meletakkan tangan bayi Anda di atas mulut Anda saat Anda mengucapkan 'ma' dapat membantu untuk memahami kata tersebut. Melakukan latihan ini dengan bayi Anda adalah cara yang bagus untuk menstimulasi keterampilan pendengaran, visual, dan sentuhan bayi Anda.

2. Bicaralah dengan Bayi Anda

Kadang-kadang orang tua lebih memilih mengoceh dengan bayi mereka daripada berbicara dengan mereka dengan anggapan bahwa itu lucu atau mereka mungkin berpura-pura berbicara dalam bahasa bayi. Melakukannya sesekali bisa menggemaskan dan menggemaskan, tetapi melakukannya secara teratur mungkin tidak membantu kemampuan bahasa bayi Anda.

Sebaliknya, bicarakan dengan bayi Anda tentang hal-hal di sekitar Anda, tentang hari Anda, tentang apa yang dia lakukan, dll. Atau cukup bernyanyi atau tunjuk dan ucapkan nama benda, dan segera bayi akan mulai mengucapkan momma atau dada juga!

3. Album Foto 'Mama' atau 'Papa’'

Buat album foto dengan gambar 'Mama' atau 'Papa' dan setiap kali kamu tunjukkan album ke bayi, kamu ulangi kata 'Mama'. Anda dapat melakukannya untuk setiap gambar di album dan saat Anda melakukannya, arahkan ke gambar dan diri Anda sendiri. Melakukannya beberapa kali dapat membantu bayi Anda memahami dan mengasosiasikan kata tersebut dengan Anda. Latihan yang sama juga dapat diulangi untuk 'Papa'.

4. Game Ciluk Ba

Kebanyakan orang tua memainkan permainan cilukba dengan bayi mereka, dan permainan menyenangkan ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengajarkan kata-kata 'Mama' atau 'Papa' kepada bayi.

Anda dapat bersembunyi di balik pintu, tirai, atau hanya bersembunyi di bawah selimut, dan setiap kali Anda keluar dari tempat persembunyian; Anda bisa mengatakan 'Mama'. Lakukan ini beberapa kali sehari dan dalam beberapa hari, bayi Anda mungkin berkata 'Mama' saat Anda keluar, alih-alih Anda mengatakannya!

5. Perhatikan Apa Kata Bayi Anda

Bayi Anda mungkin mengoceh, tetapi dia mencoba berkomunikasi dengan Anda dalam bahasanya sendiri. Anda tidak boleh mengabaikan apa yang mungkin coba dikomunikasikan oleh bayi Anda, dan Anda akan segera melihat mungkin Anda masuk akal dan mengucapkan kata-kata yang paling ditunggu-tunggu yang mungkin merupakan kata-kata yang terdengar paling manis, yaitu 'Mama' dan 'Papa'.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anak bayi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top