Vaksin virus corona Moderna bisa melindungi masyarakat selama 2 tahun./ilustrasi
Health

Vaksin Virus Corona Moderna Bisa Melindungi Hingga 2 Tahun

Newswire
Jumat, 8 Januari 2021 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin mRNA virus corona (Covid-19) Moderna diprediksikan bisa memberikan perlindungan hingga sekitar dua tahun kepada manusia.

Kepala Eksekutif Moderna Stephane Bancel mengungkapkan masih diperlukan lebih banyak data untuk membuat penilaian yang pasti. Pada tahun lalu, perusahaan bioteknologi Amerika yang menciptakan vaksin virus corona baru telah mendapatkan persetujuan untuk penggunaan vaksin virus corona.

Adapun pengembangan vaksin dan proses keamanan obat-obatan (pharmacovigilance) biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun, untuk durasi perlindungan suntikan Covid-19 masih menjadi pertanyaan bagi para ilmuwan dan para regulator.

"Skenario terburuk yang dijelaskan adalah vaksin hanya bekerja satu atau dua bulan, menurut saya, sudah tidak mungkin terjadi," ungkap Stephane Bancel pada acara yang diselenggarakan oleh grup jasa keuangan Oddo BHF.

"Peluruhan antibodi yang dihasilkan oleh vaksin pada manusia menurun dengan sangat lambat. Kami percaya akan ada potensi perlindungan untuk sekitar dua tahun tahun."

Bancel menambahkan perusahaannya akan membuktikan bahwa vaksinnya juga akan efektif melawan varian virus corona yang muncul di Inggris dan Afrika Selatan.

Para ilmuwan mengatakan vaksin yang baru dikembangkan harus sama efektifnya terhadap kedua varian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro