Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Vaksin Virus Corona Moderna Bisa Melindungi Hingga 2 Tahun

Vaksin virus corona Moderna diklaim bisa melindungi masyarakat dari varian baru Covid-19. Vaksin ini juga diprediksi ampuh melindungi hingga 2 tahun.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  08:15 WIB
Vaksin virus corona Moderna bisa melindungi masyarakat selama 2 tahun. - ilustrasi
Vaksin virus corona Moderna bisa melindungi masyarakat selama 2 tahun. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin mRNA virus corona (Covid-19) Moderna diprediksikan bisa memberikan perlindungan hingga sekitar dua tahun kepada manusia.

Kepala Eksekutif Moderna Stephane Bancel mengungkapkan masih diperlukan lebih banyak data untuk membuat penilaian yang pasti. Pada tahun lalu, perusahaan bioteknologi Amerika yang menciptakan vaksin virus corona baru telah mendapatkan persetujuan untuk penggunaan vaksin virus corona.

Adapun pengembangan vaksin dan proses keamanan obat-obatan (pharmacovigilance) biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun, untuk durasi perlindungan suntikan Covid-19 masih menjadi pertanyaan bagi para ilmuwan dan para regulator.

"Skenario terburuk yang dijelaskan adalah vaksin hanya bekerja satu atau dua bulan, menurut saya, sudah tidak mungkin terjadi," ungkap Stephane Bancel pada acara yang diselenggarakan oleh grup jasa keuangan Oddo BHF.

"Peluruhan antibodi yang dihasilkan oleh vaksin pada manusia menurun dengan sangat lambat. Kami percaya akan ada potensi perlindungan untuk sekitar dua tahun tahun."

Bancel menambahkan perusahaannya akan membuktikan bahwa vaksinnya juga akan efektif melawan varian virus corona yang muncul di Inggris dan Afrika Selatan.

Para ilmuwan mengatakan vaksin yang baru dikembangkan harus sama efektifnya terhadap kedua varian itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top