Pisang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan/Istimewa
Health

Ingin Diet, Hirup 5 Aroma Ini Bisa Mengurangi Nafsu Makan

Newswire
Rabu, 13 Januari 2021 - 15:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas orang-orang gagal diet karena sulit mengendalikan keinginan makan. Diet merupakan hal yang tidak mudah tetapi juga tidak sulit.

Namun, ada beberapa cara untuk mengontrol rasa lapar seperti mengendus aroma tertentu. Bau atau wewangian ternyata berperan yang kuat dalam merangsang otak dan rasa lapar.

Berikut beberapa aroma yang bisa mengurangi rasa lapar, perlu dicoba saat Anda mencoba mengurangi berat badan.

  1. Apel dan pisang

Tidak hanya memakannya, mengendus apel juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal yang sama berlaku untuk pisang. Sebuah studi di Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengungkapkan bahwa orang kelebihan berat badan yang mencium pisang atau apel hijau saat lapar kehilangan lebih banyak berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Itu karena aroma buah-buahan tersebut dapat meredam nafsu makan.

  1. Minyak zaitun extra virgin

Makan makanan yang terbuat dari minyak zaitun dan menghirup minyak zaitun dapat meningkatkan perasaan kenyang. Sebuah studi yang dilakukan oleh German Research Center for Food Chemistry menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun dengan ekstrak aromatik mengonsumsi lebih sedikit kalori dan merasa lebih kenyang. Minyak zaitun juga sarat dengan MUFA, lemak sehat yang dapat mengurangi lemak perut.

  1. Cokelat hitam

Aroma cokelat hitam dapat mengontrol ghrelin, hormon yang mengatur nafsu makan dan mengirimkan sinyal ke otak saat lapar. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010 menemukan bahwa mencium cokelat hitam menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan ngemil. Anda juga bisa menikmati cokelat hitam karena mengandung nutrisi seperti seng.

  1. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan khasiat obatnya. Selain itu, bumbu ini juga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Menurut sebuah studi pada 2012, yang diterbitkan dalam jurnal Flavor, aroma makanan yang kuat dapat membuat Anda makan lebih sedikit. Jadi, jika makanan berbau bawang putih yang menyengat, Anda mungkin makan lebih sedikit. Hal yang sama berlaku untuk cabai.

  1. Minyak peppermint

Aroma mint segar peppermint tidak hanya membantu meningkatkan kejernihan atau fokus, tetapi juga dapat mengurangi rasa lapar. Minyak ini telah dikaitkan dengan stimulasi saraf trigeminal. Mencium minyak ini satu atau dua kali dalam sehari juga membantu meningkatkan metabolisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro