Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Musim Hujan, Ini Tanaman Pengusir Nyamuk yang Mudah Dirawat

Musim hujan yang belum usai menimbulkan tantangan tersendiri bagi setiap orang. Anda bisa juga mengusir nyamuk di musim hujan dengan berbagai tanaman.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 18 Januari 2021  |  14:46 WIB
Tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan bunga kamboja memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk saat musim hujan. Ilustrasi Nyamuk Aedes aegypti - Reuters
Tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan bunga kamboja memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk saat musim hujan. Ilustrasi Nyamuk Aedes aegypti - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Nyamuk menjadi serangga yang sangat tidak disukai oleh masyarakat dan bisa diusir dengan berbagai tanaman.

Ada banyak tanaman yang diletakan di pojok ruangan dan bisa mengusir nyamuk di dalam rumah. Berikut berbagai tanaman yang mengusir nyamuk di rumah:

1. Lavender

Lavender telah menjadi tanaman yang terkenal sebagai pengusir nyamuk. Aroma bunga lavender sangat menenangkan perasaan. Tanaman ini bisa ditanam di dalam pot untuk diletakkan di dekat jendela kamar atau jendela rumah.

2. Serai wangi

Tanaman serai yang sering digunakan saat memasak, ternyata memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Trik yang tepat untuk mengusir nyamuk adalah meletakkn tanaman serai di dekat pintu masuk dan depan jendela.

3. Lemon balm

Aroma tanaman lemon sangat segar di hidung, tetapi kurang disukai nyamuk.

4. Bibit bawang putih

Setiap rumah biasanya memiliki bumbu bawang merah dan putih di rumah. Untuk mendapatkan bibit bawang putih, cukup meletakkan bibit satu siung bawang putih di tanah dan menyiramnya dengan air, hingga muncul tunas baru.

5. Bunga kamboja

Di Indonesia, bunga kamboja sering tumbuh di pemakaman atau kuburan. Di Bali, bunga kamboja sering digunakan untuk sembahyang.

Namun, khasiat yang jarang diketahui orang adalah keharuman bunga  kamboja mampu mengusir nyamuk di ruangan. Cukup letakkan bunga kamboja di sudut-sudut ruangan dan aromanya akan membuat mengusir nyamuk dari rumah.

6. Rosemary

Tanaman ini biasanya digunakan untuk menambah kelezatan ayam panggang dan salad. Namun, siapa sangka bahwa rosemary bisa menjadi tanaman pengusir serangga/nyamuk yang bisa diletakkan di depan rumah. Keharuman rosemary sangat dibenci oleh nyamuk.

7. Pennyroyal

Tanaman ini dikenal sejak lama sebagai pengusir serangga seperti kecoa, kutu dan juga nyamuk, karena memiliki aroma mint yang cukup kuat, bahkan dibandingkan dengan tanaman  mint lainnya.

Tanamlah pennyroyal di teras depan atau di halaman rumah. Namun lebih baik bila meletakkan tanaman  ini di dekat jendela rumah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanaman musim hujan nyamuk
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top