Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mengecek Kesehatan Jantung dengan Naik Tangga

Bila sedang melakukan aktivitas naik tangga dan merasakan kelelahan yang hebat dan nyeri pada dada, maka sebaiknya Anda memeriksa kesehatan jantung ke dokter.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  12:59 WIB
Gejala sakit jantung bia diketahui dengan melakukan aktivitas naik tangga. - ilustrasi
Gejala sakit jantung bia diketahui dengan melakukan aktivitas naik tangga. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa tanda dan gejala sakit jantung yang dapat dideteksi dengan melakukan sedikit aktivitas seperti naik tangga.

Untuk mengidentifikasi hal tersebut maka Anda perlu memberikan perhatian pada tubuh, detak jantung, nyeri otot, hingga merasakan irama napas saat melakukan suatu aktivitas. Gejala tersebut bisa diidentifikasi bila Anda menyadari sinyal yang diberikan oleh  tubuh.

Mengutip dari Times of India, Selasa (19/1/2021), cara mudah untuk mengevaluasi kesehatan dan mencegah munculnya penyakit dengan menaiki beberapa anak tangga. Menurut penelitian, jika Anda mengalami kelelahan saat menaiki tangga maka hal itu disebabkan  oleh beberapa masalah terkait jantung dan Anda harus segera ke dokter.

Bagaimana menaiki tangga berhubungan dengan kesehatan jantung?

Menurut penelitian yang dipresentasikan oleh tim peneliti Spanyol pada pertemuan ilmiah European Society of Cardiology Desember 2020, menaiki empat anak tangga dalam waktu kurang dari satu menit menunjukkan bahwa jantung seseorang dalam kondisi merah jambu.

Sesuai Jesús Peteiro, seorang ahli jantung di University Hospital a Coruña menjelaskan bahwa jika seseorang membutuhkan lebih dari satu setengah menit untuk menaiki empat anak tangga, itu berarti kesehatan jantungnya sedang tidak baik dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Studi lain

Studi lain yang dilakukan oleh beberapa kelompok peneliti dari University Hospital Coruña di Galicia mengungkapkan bahwa kemampuan menaiki tangga juga menunjukkan bahwa mereka akan dapat menjalani operasi yang lebih lancar dibandingkan dengan mereka yang tidak lulus tes.

Naik turun tangga adalah tes mudah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendiagnosis kesehatan jantung Anda. Jika Anda gagal di dalamnya, maka jangan berkecil hati. Anda dapat berhati-hati dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan jantung seperti makan sehat dan berolahraga.

Bagi orang yang memiliki gangguan kesehatan jantung maka sebaiknya tidak melakukan aktivitas yang terburu-buru, agar kondisi tidak semakin parah. Jadwalkan janji dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jantung Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top