Oximeter. /Stanley Ng-Pexels
Health

Jangan Lupa 4 Benda Ini Saat Isolasi Mandiri Covid-19 di Rumah

Rika Anggraeni
Jumat, 22 Januari 2021 - 13:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Isolasi mandiri bisa dilakukan bagi seseorang yang terinfeksi positif Covid-19 tetapi tidak mengalami gejala.

Perlu diingat isolasi mandiri di rumah sebisa mungkin harus menghindari kontak langsung dengan anggota keluarga yang sehat. Dengan demikian tujuan utama memisahkan orang sakit dengan orang sehat dapat tercapai. 

Adapun bagi Anda yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah, maka ada beberapa benda untuk menbantu Anda menjalani masa isolasi mandiri.

Berikut 4 benda yang harus ada saat isolasi mandiri setelah terinfeksi virus Corona atau memiiki gejala Covid-19.

1. Oxymeter
Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Premier Bintaro, Astri Indah Prameswari mengatakan salah satu benda yang harus dimiliki saat isolasi mandiri adalah oxymeter.

Oxymeter berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen di dalam tubuh masih berada di tingkat stabil. Adapun Dr. Astri mengatakan penderita dengan riwayat paru harus melakukan pengecekan saturasi oksigen secara berkala.

"Anda harus waspada bila saturasi oksigen di dalam tuuh Anda berada di abwah 95, terutama bagi Anda yang tidak memiliki riwayat sakit paru," ujarnya.

2. Cairan Pembilas Hidung
Selain itu, Astri merekomendasikan untuk menyediakan cairan pembilas hidung. Cairan ini berfungsi untuk membantu membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan.

Apabila hidung terasa pilek atau sulit bernapas, maka Anda harus melakukan pembilasan hidung.

"Lakukan pembilasan sebanyak tiga kali sehari," katanya.

3. Obat Kumur Antiseptik
Benda ketiga berikutnya adalah obat kumur antiseptik. Sama halnya dengan pembilasan hidung, obat kumur antiseptik juga bisa digunakan saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Anda bisa berkumur dengan obat kumur antiseptik sebanyak tiga kali sehari. Cara ini berguna untuk membersihkan virus yang terdapat di rongga mulut dan tenggorokan.

4. Obat dan Vitamin
Terakhir, Anda harus menyiapkan persediaan obat-obatan dan vitamin saat melakukan isolasi mandiri.

Astri menyarakan kepada pasien Covid-19 untuk mengonsumsi vitamin, seperti vitamin C, vitamin D3, dan Zinc yang sesuai dengan anjuran dokter.

Namun, apabila kondisi Anda semakin memburuk, Anda harus memeriksakan diri ke rumah sakit atau melalui layanan telekonsultasi.

"Bila [kondisi] Anda semakin memberat, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit atau melalui layanan telekonsultasi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro