Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Ini 5 Jenis Olahraga Outdoor untuk Jaga Imunitas Tubuh

Meski masih dalam situasi pandemi, Anda tetap bisa melakukan olahraga di tempat terbuka atau outdoor. Syaratnya, Anda harus mematuhi protokol kesehatan.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  16:40 WIB
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Warga berolahraga saat hari bebas berkendara atau Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Minggu (21/6/2020). Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta memisahkan jalur untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki saat CFD pertama pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah lebih dari satu tahun, pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Angka kasus positif Covid-19 di Indonesia terus melonjak tajam setiap harinya.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, di mana pun mereka berada. Selain 3M, rutin berolahraga bisa membantu menjaga daya tahan atau imunitas tubuh.

 yang ada.

Berikut adalah lima pilihan olahraga outdoor untuk menjaga imunitas versi seperti dikutip dari Tugu Insurance:

1. Berenang
Berenang bisa memaksimalkan kinerja organ-organ tubuh, seperti paru-paru, otot kaki dan lengan hingga stabilitas jaringan syaraf. Kegiatan olah raga air ini dipercaya dapat memperkuat organ hati, jantung dan membantu mengecilkan perut ataupun membakar lemak jahat. Saat berenang, seluruh organ tubuh bergerak dan hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan refreshment.

2. Jogging
Lari santai atau jogging membantu meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Umumnya, seseorang melakukan jogging di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Anda juga bisa mengawali hari libur (weekend) sambil menghirup udara segar dan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi.

3. Bersepeda
Tren bersepeda terus mengalami kenaikan di masa pandemi Covid-19. Tidak jarang orang-orang bepergian ke kantor atau tempat mereka beraktivitas menggunakan sepeda. Rutin bersepeda bisa memperkuat otot jantung serta mengurangi stres. Jangan lupa untuk selalu gunakan helm dan pelindung siku dan lutut untuk mengantisipasi kecelakaan, serta pakai masker untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

4. Outdoor Yoga
Stres dapat berpengaruh daya tahan tubuh sehingga membuat orang rentan terserang penyakit. Sebagaimana diketahui, yoga bisa membantu mengurangi stres. Selain di dalam rumah, yoga sebenarnya bisa dilakukan di luar ruangan. Salah satunya di halaman rumah. Dengan melalukan outdoor Yoga, Anda bisa menghirup udara segar sambil berolahraga.

5. Mendaki Jarak Jauh dan Pendek
Kegiatan mendaki atau hiking bisa menyehatkan jantung. Tak hanya itu, hiking bisa membantu mengendalikan berat badan serta meningkatkan kesehatan mental. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati saat mendaki gunung ataupun melakukan perjalanan ke destinasi alam seperti gunung, bukit, atau air terjun (curug).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

olah raga Covid-19 Imunitas tubuh
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top