Kondisi di salah satu ruangan di gudang farmasi Klaten. Guadang farmasa ini siap untuk menampung vaksin virus corona Sinovac./ (Solopos-Ponco Suseno)
Health

Gudang Farmasi Klaten Tampung 1.000 Vaksin Virus Corona

JIBI
Sabtu, 23 Januari 2021 - 07:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten sudah menyiapkan gudang farmasi untuk menampung sekitar 1.000 dosis vaksin virus corona (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir.

Adapun gudang farmasi itu dilengkapi dengan cold chain guna menjaga kualitas vaksin corona Sinovac. Kualitas vaksin Sinovac akan tetap terjaga pada standar suhu lemari es yakni -8 derajat

Berdasarkan pantauan Solopos.com, gudang farmasi tersebut memiliki luas hingga 2.715 meter persegi dan ada satu ruangan khusus yang berfungsi untuk menyimpan vaksin virus corona.

Selain memiliki cold chain, ruangan tersebut juga dilengkapi dengan air conditioner (AC), sehingga terasa adem dan dingin. 

“Di sini terdapat 12 cold chain. Yang lima unit pengadaan dan sudah ada di sini, Desember 2020. Sisanya memang sudah diperuntukkan menampung vaksin rutin. Nantinya, satu unitnya bisa menampung kurang lebih 1.000 dosis,” kata Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Klaten, Ismail Riyadi, Jumat (22/1/2021).

Ismail menuturkan bahwa petugas juga telah mengatur suhu dingin, baik di cold chain atau pun ruangan. Petugas yang bertanggung jawab juga sudah menyiapkan alat untuk mengangkut vaksin.

“Kami selalu mengontrol suhu secara rutin. Prinsipnya, sarana dan prasarana (sarpras) di sini telah siap. Kami tinggal menunggu datangnya vaksin. Terkait pengamanan vaksin, nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Apakah cukup dari tenaga kesehatan (nakes) atau harus disertai juga aparat keamanan,” ungkapnya.

Tenaga kesehatan jadi prioritas disuntik vaksin virus corona

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan jatah vaksin Covid-19 yang dikirim ke Klaten di tahap awal bakal diberikan ke 2.349 nakes.

Jumlah itu belum sebanding dengan total nakes di Klaten, yakni mencapai 6.779 orang.

“Informasinya, vaksin tiba di Klaten baru Februari mendatang. Vaksin memang diprioritaskan bagi nakes. Tapi, orang pertama di Klaten yang akan divaksin, yakni Bupati Klaten. Itu untuk pencanangan vaksinasi di Klaten sendiri,” katanya.

Hingga Kamis (21/1/2021), jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 4.087 kasus. Sebanyak 457 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 3.406 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan kasus Covid-19 hingga meninggal dunia telah mencapai 224 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Solopos
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro