Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Naik Drastis, Dokter Reisa Ingatkan Terus Terapkan 3M

Reisa Broto Asmoro, yang juga juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merasa prihatin atas drastisnya kenaikan kasus Covid-19 hingga mencapai 1 juta kasus.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  14:06 WIB
Tim Publikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro. JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Tim Publikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia akhirnya menembus angka 1 juta setelah dua minggu ini kenaikannya cukup drastis.

Reisa Broto Asmoro, yang juga juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merasa prihatin atas drastisnya kenaikan kasus Covid-19 hingga akhirnya mencapai angka 1 juta.

Dokter Reisa meminta semua pihak saling bahu-membahu dan mengingatkan untuk menekan penambahaan kasus baru Covid-19, terutama menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, memakai masker dan menjaga jarak.

"Bukan angka yang kecil lagi untuk kita lepas waspada. Semakin hari, tren penambahan kasus harian terus meningkat. Banyak kluster baru bermunculan di sekitar masyarakat. Karena itu, kita, setiap warga negara, wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan. Pakailah masker dan bawa masker cadangan. Jagalah jarak meski dengan rekan. Cucilah tangan sesering mungkin, untuk mencegah penularan."

Tak dipungkiri jika ada yang bosan dengan kondisi pandemi Covid-19, terlebih harus terus diingatkan tentang protokol kesehatan. Dokter Reisa mengatakan kini saatnya menumbuhkan kesadaran dalam diri sendiri untuk melakukan pencegahan Covid-19.

"Pencegahan tentu lebih baik dari pada pengobatan, jangan sampai menyesal kemudian," ujarnya, seraya mengakui "Kelelahan karena keterbatasan ini akan menjadi lebih lama bertahan, kalau kita tidak saling menurunkan ego dan tetap beradu argumen."

Dokter Reisa kembali mengingatkan angka-angka kasus positif dan kematian yang selama ini diungkapkan bukan sekedar angka. Setiap angka menggambarkan penderitaaan manusia.

"Manusia yang memiliki keluarga. Manusia yang bekerja untuk menolong sesama. Manusia yang ingin kembali ke rumah untuk bercanda tawa. Manusia yang ingin bernapas dengan lega. Manusia yang yang rindu berkarya. Manusia yang ingin sekali situasi kembali seperti sedia kala," katanya.

Dia menambahkan virus corona ini nyata meski tak terlihat wujudnya. "Untuk bisa melewati tantangan pandemi Covid-19 ini tergantung dari perilaku individu. Semua bergantung dari kita, dari kesadaran dan kemauan kita, dari diri sendiri, untuk diri sendiri, untuk orang yang kita cintai, dan untuk negeri," tandas dokter Reisa.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top