Ilustrasi sesak napas
Health

Cara Atasi Gejala Sesak Napas Pasca Sembuh dari Covid-19

Desyinta Nuraini
Jumat, 29 Januari 2021 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gejala long Covid-19 mungkin dirasakan sebagian besar mereka yang pernah terinfeksi virus corona. Biasanya kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Ari Fahrial Syam berupa sesak napas saat berbicara atau naik tangga.

"Virus menyebabkan kerusakan di parenkim paru-paru. Pasti ada bekasnya, pasti kemampuan oksigen akan terganggu," ujarnya dalam webinar bertajuk 'Tembus 1 Juta Kasus Covid-19, Apa yang Harus Kita Lakukan Kemudian', Jumat (29/1/2021).

Oleh karena itu, dia menyarankan agar mantan pasien Covid-19 perlu mengontrol kondisi paru-larunya dengan melakukan rontgen untuk mengetahui apakah paru-paru dalam kondisi membaik.

"Kontrol pastikan tidak ada penyakit atau komplikasi serius pasca Covid," imbuhnya.

Sebagai solusi, penyintas Covid-19 bisa melakukan fisioterapi dengan latihan pernapasan. "Latihan, satu bulan lagi lancar," saran Ari.

Mengutip halodoc, berikut teknik latihan pernapasan untuk meningkatkan fungsi paru-paru :

1. Latihan pernapasan diafragma

Latihan pernapasan ini melibatkan diafragma dan bagian perut. Teknik yang satu ini disebut dapat membantu memudahkan usaha Anda saat menarik napas.

Pada pernapasan ini, udara yang masuk akan membuat bagian perut terisi penuh sehingga mengembang, sedangkan dada tidak bergerak banyak. Lakukan latihan ini setidaknya 5 menit dalam sehari.

2. Latihan pursed-lips breathing

teknik pernapasan ini sangat dianjurkan untuk Anda yang menderita penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Anda dilatih untuk mengurangi jumlah napas yang Anda ambil dan membuat saluran udara Anda terbuka lebih lama.

Untuk melatihnya, cukup bernapas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut selama mungkin dengan bibir mengerucut.

3. Latihan rib stretch

Teknik latihan pernapasan ini cukup mudah dilakukan. Kunci dari latihan ini adalah menahan sebanyak mungkin udara di paru-paru selama 10-25 detik.

Teknik ini dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru jika Anda rutin berlatih minimal sehari sekali. Agar hasilnya lebih efektif, latihan pernapasan ini sebaiknya dilakukan tiga kali sehari. Anda bisa menjalankan latihan selama 2-5 menit setiap sesinya.

4. Latihan numbered breathing

Latihan pernapasan ini bisa bermanfaat untuk siapa saja yang ingin meningkatkan kapasitas paru-paru. Dengan teknik latihan pernapasan ini Anda harus melakukan perhitungan hingga 8 kali tanpa berhenti.

5. Latihan kekuatan paru pranayama

Teknik latihan pernapasan ini dilakukan sambil duduk dengan bergantian menggunakan lubang hidung kanan dan kiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro