Tangan
Health

Jari Nyeri? Hati-hati Trigger Finger

Desyinta Nuraini
Jumat, 29 Januari 2021 - 20:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah Anda mengalami nyeri pada jari-jari dan terasa terkunci hingga membumbutuhkan bantuan jari lain untuk meluruskannya?

Jika iya, mungkin anda menderita trigger finger. Jari pelatuk, jari kejepit, jari terkunci mungkin sebutan lainnya.

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Rizky P. Wisnubaroto mengatakan trigger finger adalah ketidakmampuan untuk meluruskan atau menekuk jari akibat tendon yang terperangkap.

Ini terjadi ketika jepitan secara mekanik pada tendon fleksor sewaktu melewati jaringan ikat yang menebal di tangan. Ibarat kereta sebagai tendon dan terowongan jaringan ikat.

Jika terowongan menebal atau ukurannya berubah, kereta tidak akan bisa masuk. Begitu pula ketika kereta ukurannya menjadi lebih besar, tidak sesuai aslinya, dia tidak bisa masuk dan sebabkan nyeri dan gangguan gerak pada tangan.

Trigger finger bisa dipicu dari penggunaan jari/tangan secara berulang. Terutama pada profesi yang sering menggunakan jari. "Bekerja dengan tangan, itu juru masak atau mengetik, dia menyebabkan iritasi atau inflamasi pada area pulley," ujarnya dalam diskusi online, Jumat (29/1/2021).

Karena iritasi dan inflamasi pad area tersebut, kemudian akan menyebabkan pembengkakan, sehingga jari terkunci pada posisi fleksi atau menekuk. "Kemudian trigger finger terjadi apabila kita meluruskan jari kita," jelasnya.

Rizky menjelaskan biasnaya pasien datang dengan gejala nyeri pada jari-jari dan terasa terkunci. Mereka juga mengeluhkan bunyi "kletek" atau "pop" pada saat jari ditekuk atau diluruskan. Untuk meluruskan jari, perlu dibantu dengan jari lain. Keluhan lain berupa kaku pada jari tangan terutama saat pagi hari.

"Kalau misal kaku pada jari tangan terutama pada pagi, karena malam hari tendon lebih besar sedikit ukurannya," jelasnya

Siapa saja yang terkena? Rizky menjelaskan 2-3 persen dari populasi umum bisa terkena trigger finger. Namun wanita memiliki 2-6 kali risiko yang lebih tinggi dibandingkan pria. Usia yang berisiko yakni usia dewasa muda yakni 30-40 ke atas. Lalu, kerap diasosiasikan dengan penyakit diabetes melitus 5 kali lebih sering. Kemudian orang dengan pekerjaan yang sering menggerakkan jari.

Rizky menerangkan jari yang mengalami trigger finger biasanya jari manis dan telunjuk. "Bisa lebih dari satu jari pada satu tangan," imbuhnya.

Untuk mengatasi kejadian ini, bisa dilakukan secara mandiri dengan mengistirahatkan tangan. Bisa juga dengan memasang splint pada malam hari. "Streching dilakukan sendiri di rumah," tambahnya.

Jika tidak mengurangi keluhan, lebih baik berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah ortopedi. Pada pengobatan dokter, bisa dilakukan dengan alternatif injeksi, pemakaian splint pada malam hari, hingga operasi pembebasan tendon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro