Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Korea Selatan Akan Lakukan Pemeriksaan Virus Corona Tehadap Hewan Peliharaan

Tes virus corona (Covid-19) terhadap hewan peliharaan akan dilakukan. Bila hasilnya positif, maka kucing dan anjing akan diisolasi selama 14 hari.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  15:46 WIB
Pemeriksaan virus corona akan dilakukan ke hewan peliharaan seperti anjing dan kucing - Time of India
Pemeriksaan virus corona akan dilakukan ke hewan peliharaan seperti anjing dan kucing - Time of India

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan dalam waktu dekat akan melakukan pemeriksaan terhadap anjing dan kucing peliharaan untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19) di kota tersebut.

Mengutip The Korea Times pada Senin (8/2/2021), Pejabat Pengendalian Penyakit Pemerintah Kota Seoul Park Yoo-mi mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap anjing dan kucing peliharaan masyarakat setempat yang menunjukkan gejala mirip dengan gejala Covid-19.

Rencana tersebut mencuat setelah Korea Selatan melaporkan kasus Covid-19 pertama yang dialami oleh hewan peliharaan beberapa waktu lalu. Sebelumnya seekor anak kucing di Jinju, Gyeongsang Selatan dilaporkan terinfeksi virus corona setelah melewati pemeriksaan dan mengalami gejala mirip dengan pasien positif Covid-19.

Yoo-mi menjelaskan pemeriksaan terhadap anjing atau kucing yang diduga terinfeksi virus corona akan dilakukan di dekat rumah hewan oleh tim petugas kesehatan, termasuk seorang dokter hewan.

Dia menegaskan hanya anjing yang menunjukkan gejala, seperti demam, batuk, kesulitan bernapas dan peningkatan sekresi dari mata atau hidung, yang akan menjalani tes. Di sisi lain dia juga mengungkapkan bahwa kebanyakan hewan peliharaan yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala.

"Jika hasil tes hewan peliharaan positif, maka akan diminta untuk karantina di rumah selama 14 hari tanpa dikirim ke fasilitas isolasi karena tidak ada bukti Covid-19 dapat ditularkan ke manusia dari hewan peliharaan," kata Yoo-mi

Kemudian Yoo-mi menyebut apabila pemilik hewan peliharaan tidak dapat merawatnya karena dirawat di rumah sakit karena Covid-19, memiliki penyakit yang mendasari, atau pada usia lanjut, hewan tersebut akan dibawa untuk diisolasi di fasilitas yang dikelola kota di sebelah barat Seoul.

"Harap jaga anjing Anda setidaknya 2 meter dari manusia dan hewan peliharaan lainnya saat berjalan-jalan, dan ikuti langkah-langkah antivirus dengan ketat, seperti memakai masker dan mencuci tangan," tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hewan Virus Corona hewan peliharaan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top