Ilustrasi - Sampel darah yang terindikasi positif Virus Corona./Antara
Health

Virus Corona Bisa Menginfeksi Sel Otak dan Menyebabkan Neuron Mati

Syaiful Millah
Kamis, 11 Februari 2021 - 17:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Virus corona baru yang menyebabkan pandemi Covid-19 dapat menyusup ke sel berbentuk bintang di otak, memicu reaksi berantai yang dapat menonaktifkan dan membunuh neuron di sekitarnya.

Sel berbentuk bintang yang disebut astrosit melakukan banyak peran dalam sistem safar dan menyediakan bahan bakar untuk neuron, yang mengimkan sinyal ke seluruh tubuh dan otak manusia.

Dalam uji coba lab, studi terbaru menemukan bahwa astrosit yang terinfeksi virus corona berhenti memproduksi bahan bakar penting untuk neuron dan mengeluarkan zat tak teridentifikasi yang meracuni neuron sekitarnya.

Jika astrosit yang terinfeksi melakukan hal yang sama di otak, itu bisa menjelaskan beberapa perubahan struktural yang terlihat pada pasien serta gejala kabut orak dan masalah kejiwaan yang menjadi dampak dari Covid-19.

Meski demikian, studi yang diposting ke basis data pra-cetak medRxiv belum ditinjau oleh sejawat. Seorang ahli mengatakan kepada Live Science bahwa data ini masih sangat awal dan perlu diversifikasi dengan riset tambahan.

Daniel Martin de Souza, penulis penelitian dan profesor di University of Campinas di Brasil mengatakan pesan utama dalam makalah itu adalah bahwa virus dapat masuk ke sel otak dalam beberapa kasus.

Penelitian lain juga menemukan bahwa virus corona dapat secara langsung menginfeksi neuron, meskipun rute pasti virus ke otak masih dalam penyelidikan. Studi anyar menambahkan astrosit ke daftar panjang sel yang diserang oleh SARS-CoV-2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro