Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Menghadapi Penilaian Tengah Semester

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan saat penilaian tengah semester (PTS), maka pelajar harus memiliki strategi belajar.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  18:56 WIB
Seorang siswa sedang belajar di rumah untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian tengah semester. - Bisnis/Dea Andriyawan
Seorang siswa sedang belajar di rumah untuk mempersiapkan diri menghadapi penilaian tengah semester. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA--Penilaian tengah semester atau yang kerap disingkat PTS akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Sejumlah tips perlu siswa lakukan untuk menjalaninya agar mendapatkan hasil yang bagus.

Berdasarkan siaran pers Ruangguru, dari belajar dengan giat sampai dengan menunda drama korea adalah tips yang perlu dijalankan oleh siswa agar hasil PTS tidak mengecewakan.

Berikut tips-tips lengkap yang dapat siswa jalani untuk menghadapi PTS.

1. Belajar dengan giat. Belajar adalah hal utama yang harus para siswa lakukan agar hasil PTS memuaskan. Siswa bisa mulai menyusun jadwal untuk belajar menghadapi PTS setiap hari. Pastikan cari waktu belajar yang membuat nyaman dan produktif agar tidak malas dan mengantuk ketika belajar.

2. Istirahat yang cukup. Tips ini sangat penting mengingat tanpa istirahat tubuh akan lemas dan sakit. Pastikan saat belajar tidak mengorbankan waktu untuk beristirahat. Kemudian, jangan juga tidak tidur sepanjang malam.

3. Perhatikan waktu untuk bermain. Main dapat dilakukan di sela-sela waktu untuk membuat pikiran dan tubuh lebih rileks. Setelah tubuh dan pikiran rileks, jangan lupa untuk kembali belajar.

4. Berhenti maraton nonton drama korea. Cerita yang seru, dan kerap membuat penasaran kadang ‘memaksa’ untuk melanjutkan nonton episode-episode selanjutnya.

Tiap episode dari film yang akan ditonton tidak akan ke mana-mana. Jadi, pastikan fokus untuk menghadapi PTS, dan jangan lupa jauhi tutup telinga dari mereka-mereka yang kerap spoiler.

5. Jangan lupa berdoa. Manusia hanya bisa melakukan atau berusaha yang terbaik. Sisanya, serahkan saja pada Tuhan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelajar pembelajaran online Pembelajaran Jarak Jauh
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top