Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

9 Orang di Jepang Alami Alergi Parah Setelah Vaksinasi

Rezha Hadyan
Jumat, 12 Maret 2021 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Jepang mengatakan sembilan perempuan mengalami gejala alergi yang parah setelah menerima vaksinasi virus korona.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (12/3/2021), Kementerian Kesehatan Jepang menyebutkan sejumlah institusi medis melaporkan bahwa perempuan yang merupakan pekerja medis berusia 20-an hingga 50-an tahun mengalami anafilaksis. Anafilaksis merupakan reaksi alergi yang parah.

Kementerian mengatakan perempuan itu mendapatkan vaksinasi pada Senin (08/03/2021) dengan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi AS Pfizer dan mitra Jermannya BioNTech.

Gejala yang dialami mencakup ruam, mati rasa pada tangan dan kaki, serta napas pendek. Kementerian mengatakan mereka semua telah pulih.

Delapan dari sembilan perempuan itu memiliki alergi terhadap makanan dan obat-obatan tertentu, atau mengalami masalah kesehatan, seperti asma dan tekanan darah tinggi.

Sebuah panel pakar di Kementerian Kesehatan Jepang akan menentukan apakah vaksinasi tersebut menyebabkan gejala alergi.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Jepang menyatakan sejauh ini hanya tiga orang atau 0,014 persen dari keseluruhan penerima vaksin Covid-19 yang mengalami efek samping serius.

Hal tersebut disamlaikan melalui Rapat panel pakar yang diadakan pada Jumat (26/02/2021). Mereka mengemukakan bahwa ketiga orang itu merupakan bagian dari 21.800 orang yang telah menerima dosis pertamanya hingga Kamis (25/02/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro